Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mitrabara Adiperdana Yakin Pasar Batu Bara akan Membaik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Mitrabara Adiperdana TbK (MBAP) melalui anak usahanya, yakni PT Baradinamika Muda Sukses, menargetkan produksi batu bara tahun ini akan dapat mencapai 2,5 juta ton.

Direktur Utama PT Mitrabara Adiperdana Khoirudin mengatakan pihaknya percaya bahwa akan ada kebangkitan komoditas, khususnya batu bara dalam waktu dua tahun mendatang. Selain itu, sudah banyak riset dari analis juga yang memperkirakan batu bara akan menggeliat kembali pada masa mendatang.

"Produksi batu bara kami melalui anak usaha akan tumbuh double digit dibanding tahun lalu atau menjadi sebesar 2,5 juta ton," kata Khoirudin di Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Untuk itu, ia menargetkan pada tahun 2015 perseroan akan meningkatkan kembali produksi batu baranya sekitar 60% atau akan menjadi sebesar 3-4 juta ton.

"Di tahun 2015 nanti produksi bara perseroan akan naik 60% dan penjualan pun ikut terdongkrak 40%," terangnya.

Untuk menghadapi permintaan batu bara, Khoirudin mengaku perseroan akan mengembangkan pelabuhan yang dimiliki saat ini. Pasalnya, pelabuhan tersebut akan ditingkatkan kapasitasnya dari 2,5 juta ton menjadi 5 juta ton. Tahun lalu, perseroan telah merampungkan pembangunan infrastruktur (jalan) sepanjang 65 kilometer (km) untuk mendukung pelabuhan yang akan dibangun nanti.

"Kami sudah bangun infrastrukturnya, sedangkan, pelabuhan saat ini sedang proses tender. Dalam waktu dekat akan deal. Jadi, kami berharap tahun ini bisa digarap dan tahun depan pelabuhan itu sudah rampung dan bisa beroperasi," jelasnya.

Sebagai informasi, perseroan dan enititas anak memasok 100% batu baranya ke pelanggan yang berlokasi di Asia, seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Filipina, dan Taiwan. Adapun, lima terbesar pelanggan perseroan dan enitas anak adalah Idemitsu, Trafigura, Dragon Energy, Marubeni, dan Dongguan.

"Ke depannya kami berencana ekspansi penjualan batu bara perseroan ke beberapa negara lain di Asia," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: