Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel: Trafik Data Naik saat Pilpres

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - Trafik layanan data Telkomsel mengalami kenaikan sekitar 17,37 persen pada saat hari pencoblosan atau pemungutan suara Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014, Rabu (9/7/2014), dengan penggunaan mencapai 665 terabyte secara nasional.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan tingkat kenaikan paling tinggi terjadi pada Rabu siang antara pukul 12.00 hingga 13.00 WIB, yakni sebesar 27,59 persen.

"Namun, secara umum Telkomsel mencatat penggunaan layanan data sebesar 665 terabyte di tingkat nasional atau setara dengan kenaikan sebesar 17,37 persen dibanding waktu normal," katanya di Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Menurutnya, porsi kenaikan tertinggi layanan data terjadi di daerah Bandung dan sekitarnya yang tercatat mencapai 25,93 persen.

"Berbeda dengan layanan suara dan SMS, pada hari pencoblosan pilpres terjadi kenaikan yang signifikan pada trafik layanan data khususnya siang hari. Kondisi itu menunjukkan bahwa masyarakat sangat aktif menggunakan internet dan media sosial untuk mencari ataupun bertukar informasi seputar pilpres," tambahnya.

Adita mempredikasi selama beberapa hari ke depan masih akan terjadi kenaikan pada trafik layanan data dengan kisaran 5-10 persen. Untuk layanan SMS dan suara, kenaikan diprediksi hanya sekitar 0-5 persen. Ia menambahkan sejak masa kampanye Pilpres yang dimulai awal Juni telah terjadi peningkatan trafik di jaringan Telkomsel, baik untuk layanan data, SMS, maupun suara.

Menurut data Telkomsel, layanan data secara nasional naik sekitar 15 persen, SMS naik 10 persen, dan layanan suara meningkat 5 persen. Sedangkan, kota yang mengalami kenaikan tertinggi adalah Bandung dan sekitarnya disusul Surabaya dan Jakarta serta daerah sekitarnya dengan kisaran 10-20 persen.

"Kami telah melakukan langkah antisipasi sejak awal sehingga lonjakan trafik tidak sampai mengganggu kenyamanan komunikasi pelanggan," pungkasnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: