Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perludem: Perhitungan Suara Secara Elektronik Sudah Mendesak

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan fenomena hasil hitung cepat atau quick count menandakan bahwa masyarakat membutuhkan hasil pemilihan umum (pemilu) yang cepat. Hal tersebut karena salah satu ciri pemilu demokratis adalah kecepatan hasil.

"Sayangnya, hasil yang cepat ini tidak mampu disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena sistem perhitungan suara dan rekapitulasi suara KPU dilakukan secara manual," kata Titi di Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Oleh karena itu, ia mendorong agar KPU bisa memikirkan untuk menyediakan hasil pemilu secara cepat dan akurat pada waktu yang akan datang. Ia menambahkan perhitungan dan proses rekapitulasi suara secara elektronik sudah merupakan kebutuhan yang harus sangat dipersiapkan oleh KPU.

"Gagasan tentang electronic counting atau perhitungan suara elektronik sudah lama disuarakan, tapi sayang itu (gagasan e-counting) sampai hari ini tidak bisa direalisasikan. Bahkan, gagasan ini sudah muncul sejak pemilihan legislatif lalu," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: