Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Kita Harus Tetap Pantau, Meski IHSG Tembus 5.000

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014 yang berjalan aman membuat pelaku pasar optimis akan kondisi perekonomian Indonesia. Hasilnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menembus level 5.000. Oleh sebab itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengawas pasar modal pun optimis situasi ini bisa mendorong lebih banyak perusahaan masuk bursa.

"Saya harap begitu (banyak perusahaan masuk bursa) sebab overall sebetulnya untuk jangka menengah panjang kita semua optimis mengenai perkembangan ekonomi kita. Mudah-mudahan pasca-pilpres bisa menumbuhkan sentimen baru, optimisme baru, terutama pada confidence investor," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mukiaman D Hadad di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Muliaman mengatakan peningkatan ini lebih disebabkan oleh sentimen positif dibanding faktor fundamental.

"Indeks selalu didasari oleh dua hal. Pertama sentimen dan kedua fundamental. Sentimen yang pertama ini cukup berperan sehingga indeks kemudian mengalami peningkatan," ujar Muliaman.

Meskipun demikian, lanjut Muliaman, pelaku harus tetap berhati-hati sebab investor masih dihadapkan pada faktor regional maupun global yang relatif sama sehingga indeks bisa saja kembali berfluktuasi.

"Tapi, tentu saja kita melihat sentimen masyarakat, baik dalam maupun luar negeri. Saya kira kemarin, paling tidak kemarin, saya kira asing banyak sekali membeli saham. Kemarin volume perdagangan sampai Rp 15 triliun. Jadi, saya pikir ini sentimennya positif. mudah-mudahan ini bisa menjadi bekal, tetapi tentu saja kita harus pantau secara dekat karena indeks itu kan naik turun," paparnya.

Sekedar informasi, kemarin IHSG pada pukul 16.00 ditutup menguat sebesar 73,29 poin atau 1,45 persen di posisi 5.098,01. Volume transaksi mencapai 9,24 miliar lot saham dengan nilai transaksi yang sangat besar, yaitu Rp 15,44 triliun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: