Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementerian ESDM Pastikan Lapangan Gas Bangka Jadi Prioritas

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo memastikan pembangunan lapangan gas Bangka milik PT Chevron Indonesia Company yang berada di Selat Makassar akan menjadi prioritas pertama untuk dipercepat implementasinya.

"Yang akan dimulai duluan adalah Bangka. Itu akan dilanjutkan. Yang lain sedang menunggu persetujuan dan perizinan," kata Susilo seusai mendampingi perwakilan Chevron dan Kepala BKPM Mahendra Siregar melaporkan perkembangan proyek gas laut dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD) di Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Proyek lapangan gas Bangka merupakan salah satu dari lima lapangan gas yang dikembangkan Chevron dalam proyek IDD senilai 12 miliar dolar AS yang berlangsung mulai Juli 2014.

Susilo mengatakan perizinan untuk proyek gas Bangka sudah selesai dan proses pengeboran dapat segera dilakukan. Selanjutnya, apabila masalah birokrasi selesai maka akan segera diikuti oleh pembangunan lapangan gas Gehem dan Gendalo.

"Pak Menko Perekonomian (Chairul Tanjung) mengatakan akan mendukung sambil membereskan perizinan, sedangkan (pembangunan) Gehem dan Gendalo kalau sudah siap semua akan dilanjutkan," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengharapkan keseluruhan proses percepatan legal formal dapat segera selesai sehingga proyek pengelolaan sumber gas ini dapat memulai pengeboran (drilling) dan berproduksi pada 2016.

"Kita akan mendapatkan gas dari hasil pengeboran itu bahwa dengan pertumbuhan ekonomi kita yang luar biasa dan industrialisasi di mana-mana maka kebutuhan gas sebagai sumber energi menjadi penting," tuturnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: