Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menpera Fokus Bangun Rusunawa

Warta Ekonomi -

WE Online, Kudus- MenMenteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengungkapkan pemerintah fokus untuk menambah jumlah rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam mendapatkan tempat tinggal yang layak.

"Terlebih lagi, saat sekarang harga perumahan mengalami kenaikan sehingga sulit dijangkau oleh kalangan masyarakat kurang mampu," ujarnya, ditemui usai berziarah ke Makam Sunan Kudus, di Kudus, Minggu.

Ia memaklumi, kenaikan harga perumahan tersebut disebabkan harga bahan bangunan juga mengalami kenaikan sehingga harga jual setiap unitnya tentu semakin mahal.

Selain itu, kata dia, bunga bank untuk pengembang juga naik hingga 12 persen dan kenaikan tersebut dibebankan kepada konsumen sehingga harga rumah juga mengalami kenaikan.

Meskipun suku bunga bank untuk pengembang mengalami kenaikan, kata dia, untuk pembeli tidak mengalami kenaikan.

Menurut dia, masyarakat kurang mampu tidak perlu khawatir tidak bisa memiliki tempat tinggal, karena pemerintah nantinya akan menambah jumlah Rusunawa di daerah.

Apabila tidak bisa menempati rusunawa, kata dia, masyarakat yang rumahnya tidak layak huni bisa diperbaiki lewat program bedah rumah dari Pemerintah Pusat.

Program rumah swadaya tersebut, kata dia, setiap tahun dianggarkan oleh pemerintah untuk 250.000 unit rumah tidak layak huni.

Sementara jumlah rumah yang sudah mendapatkan bantuan bedah rumah, kata dia, saat ini mencapai 750.000 unit rumah.

Bantuan bedah rumah yang diberikan, kata dia, berkisar Rp7,5 juta hingga Rp15 juta untuk setiap unit rumah.

Dalam menyalurkan bantuan tersebut, kata dia, Pemerintah Pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah karenan yang menentukan rumah tersebut layak huni atau tidak mereka.

"Artinya, pengajuannya juga berasal dari masing-masing daerah," ujarnya.

Melalui bantuan tersebut, kata dia, masyarakat yang sudah memiliki rumah namun kurang layak huni tidak perlu lagi menyewa di Rusunawa.

Terkait dengan kunjungannya ke Makam Sunan Kudus, kata dia, hanya sekadar ingin beribadah dan turut mendoakan negara Indonesia agar semakin adil, makmur dan sejahtera.

Dalam kunjungannya ke Makam Sunan Kudus itu, Djan Faridz didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kudus Hambali, Asisten II Setda Kabupaten Kudus Budi Rahmat, dan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kudus Didik Tri Prasetyo dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Sunardi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Arif Hatta

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: