Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin: Tol Laut Bakal Kurangi Biaya Logistik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan program tol laut bila direalisasikan pemerintahan mendatang dapat mengurangi beban biaya logistik yang selama ini menjadi momok pengusaha.

"Kadin dukung program tol laut," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pemberdayaan Ekonomi Daerah Natsir Mansyur di Jakarta, Senin (14/7/2014).

Menurut Natsir, tol laut merupakan solusi guna meningkatkan konektivitas nasional berbasis maritim untuk menunjang pergerakan dan pertumbuhan ekonomi daerah yang selama ini belum berjalan. Ia berpendapat dampak dari tidak berjalannya hal tersebut selama ini antara lain angkutan barang dari pulau ke pulau mahal, daya saing lemah, dan tingginya biaya logistik.

Padahal, menurut dia, Indonesia sebagai negara kepulauan perlu diperkuat konektivitas berbasis maritim yang ditunjang dengan sarana kapal yang melayari laut jarak pendek guna menghubungkan satu pulau dengan pulau lain. Program tol laut, ujar Natsir Mansyur, merupakan hal yang penting karena bakal berdampak luas terhadap pergerakan ekonomi daerah.

Untuk itu, Kadin juga mengharapkan agar berbagai kementerian terkait juga bisa lebih serius dalam meningkatkan perekonomian daerah agar lebih efisien dan siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Sebelumnya, Direktur Pusat Studi Oseanografi dan Teknologi Kelautan Universitas Surya Tangerang Banten Alan F Koropitan menilai konsep tol laut yang ditawarkan calon presiden Joko Widodo mampu menjawab tantangan konektivitas di Indonesia.

"Tol laut merupakan ide yang baik dalam menjawab tantangan konektivitas negara kepulauan sehingga diharapkan mampu menjawab persoalan mahalnya biaya logistik serta disparitas ekonomi antarpulau," tutur Alan Koropitan di Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Alan mengingatkan konektivitas merupakan persoalan mendasar bagi pembangunan suatu bangsa termasuk Republik Indonesia. Ia mencontohkan Amerika Serikat ketika awal-awal kemerdekaannya menekankan pada pembangunan infrastruktur untuk transportasi baik jalan raya hingga sungai atau kanal.

Para bapak bangsa AS, ujar dia, berprinsip bahwa jalan raya atau kanal-kanal yang baik dapat memperpendek jarak sehingga mengefisienkan transportasi.

"Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki karakteristik berbeda dengan AS. Laut adalah penghubung antarpulau sehingga ide tol laut patut diapresiasi serta didukung untuk konektivitas laut Indonesia," tegasnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: