Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AS Serap 27,72 Persen Ekspor Patung Bali

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Pasaran Amerika Serikat menyerap paling banyak kerajinan patung dan aneka jenis cindera mata berbahan baku kayu perajin Bali yakni 27,72 persen dari total devisa yang dihasilkan 6,04 juta dolar AS selama Mei 2014.

Angka itu meningkat 52,51 persen dibanding bulan sebelumnya tercatat 3,96 juta dolar AS, kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panasunan Siregar di Denpasar, Selasa (15/7/2014).

Ia mengatakan, aneka jenis patung dalam berbagai bentuk dan ukuran hasil sentuhan tangan-tangan terampil perajin Bali sisanya menembus pasaran Jerman 7,01 persen, Australia 5,54 persen dan Jepang 5,44 persen.

Selain itu juga dikapalkan dengan tujuan ke Singapura 1,04 persen, Tailand 0,36 persen, Jerman 7,01 persen, Hong Kong 0,54 persen, Prancis 2,56 persen, Spanyol 6,06 persen, Inggris 4,89 persen dan 39,22 persen sisanya menembus berbagai negara di belahan dunia.

Panasunan Siregar menambahkan, kerajinan patung yang menembus pasaran luar negeri itu sebagian besar digeluti para perajin dan seniman di daerah pedesaan gudang seni Kabupaten Gianyar.

Sejumlah desa lainnya di Kabupaten Badung, Klungkung dan Tabanan juga mulai mengembangkan kerajinan patung atau kerajinan berbahan baku dari kayu, namun belum berhasil menembus pasaran ekspor, masih berorientasi pasaran lokal.

Pengiriman matadagangan bernilai seni itu lewat sejumlah pelabuhan laut di Indonesia, karena pelabuhan Benoa, Bali hanya mampu menangani 52,72 persen.

Sedangkan sisanya 47,28 persen melalui pelabuhan di Jawa timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta, tutur Panasunan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: