Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Kanwil V Perbanyak Loket Penukaran Uang

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang Bank Indonesia (BI) kanwil V memperbanyak loket penukaran uang karena tingginya jumlah penukar uang jelang Lebaran tahun ini.

"Kami berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi, untuk mengantisipasi antrean yang panjang BI membuka 10 loket setiap harinya," jelas Deputi Kantor Perwakilan BI Wilayah V Marlison Hakim di Semarang, Selasa (15/7/2014).

Pada tahun sebelumnya BI hanya membuka tiga loket yang melayani ratusan penukar uang setiap harinya. Pihak BI menambah loket karena jumlah penukar uang dalam satu hari pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Saat ini dalam satu hari jumlah penukar uang mencapai 700 orang baik dari pribadi maupun instansi, sedangkan tahun lalu hanya sekitar 150 penukar per hari.

Secara keseluruhan untuk wilayah Semarang dari hari pertama Ramadan hingga 14 Juli kemarin orang sudah menukarkan uang mencapai 4.712 orang dengan jumlah penukaran sebesar Rp 54,413 miliar.

Marlison memprediksi puncak penukaran uang akan terjadi pada minggu depan, seperti halnya tahun lalu dalam satu hari BI bisa melayani hingga 1.200 penukar uang. Pihaknya juga memprediksi hingga penutupan pelayanan penukaran uang pada tanggal 24 Juli mendatang total uang yang ditukarkan mencapai Rp 136 miliar.

"Target ini meningkat dibandingkan perolehan tahun lalu yang mencapai Rp 116 miliar. Apalagi, kami juga membuka layanan penukaran dengan mendatangi sejumlah instansi pemerintahan di daerah-daerah," jelasnya.

Sejumlah kantor kabupaten yang sudah didatangi melalui mobil kas keliling di antaranya Ungaran, Kendal, Kudus, dan Pati. Sementara itu, pada tanggal 16 dan 23 Juli mendatang BI bekerja sama dengan delapan perbankan akan melakukan pelayanan penukaran melalui mobil kas keliling dengan datang ke sejumlah pusat keramaian di Semarang.

Pada tahap I tanggal 16 Juli dan tahap II 23 Juli, BI sendiri akan membuka pelayanan tersebut di halaman perkantoran Pemprov Jateng dan halaman kantor Pemkot Semarang dari jam 09.00-14.00 WIB. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: