Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SBY: Dunia Harus Hentikan Serangan Israel

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan agar dunia bergerak untuk menghentikan serangan Israel ke Palestina dan mengakhiri konflik yang tengah berlangsung.

Presiden Yudhoyono menceritakan dirinya beberapa hari lalu berkomunikasi melalui telepon dengan Presiden Iran Hassan Rouhani yang saat ini menjabat sebagai Ketua Gerakan Non-Blok. Dalam percakapan tersebut, keduanya sepakat agar dunia turut serta dalam menghentikan tindak kekerasan yang telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa penduduk sipil.

"Kami diskusi panjang, sepakat bukan hanya Iran dan Indonesia. Bukan hanya negara Islam. Non-Blok maupun negara Teluk. Tapi, masyarakat dunia juga punya tanggung jawab untuk hentikan aksi militer di Gaza, utamanya aksi militer Israel dan kekerasan yang lain," katanya saat memberikan sambutan dalam buka puasa bersama jajaran pimpinan Dewan Perwakilan Daerah di Rumah Dinas Ketua DPD Irman Gusman di Jakarta, Senin (14/7/2014).

Presiden menegaskan Indonesia terus berjuang dalam diplomasi internasional guna mengakhiri serangan di tanah Palestina. Seperti yang telah dinyatakan, Presiden memiliki empat posisi dasar diplomasi untuk menghentikan aksi-aksi kekerasan di Palestina, utamanya di Gaza.

Pertama, aksi militer Israel harus dihentikan. Kedua pengadaan gencatan senjata dengan pengawasan oleh PBB. Ketiga pencegahan aksi saling balas antarkedua pihak. Keempat segera diadakan bantuan kemanusiaan untuk korban-korban di Palestina, terutama untuk perempuan dan anak-anak.

Indonesia juga memastikan komitmennya membantu dalam bentuk dana sebesar satu juta dolar AS dan obat-obatan kepada Palestina. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: