Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bulog akan Bangun Gudang di Sumbawa Barat

Warta Ekonomi -

WE Online, Mataram - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Nusa Tenggara Barat (NTB) segera membangun gudang penyimpanan di Kabupaten Sumbawa Barat sebagai sarana penunjang target serapan sebanyak 190 ribu ton beras pada 2014.

"Rencana pembangunan dalam waktu dekat ini tinggal menunggu proses sertifikat tanah selesai," kata Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) NTB M Hasyim di Mataram, Selasa (15/7/2014).

Dia mengatakan pembangunan gudang penyimpanan di Kabupaten Sumbawa Barat dengan kapasitas 3.500 ton itu merupakan bagian dari program perbanyakan sarana penyimpanan pada 2013 dengan jumlah sasaran di Kabupaten Lombok Timur dan Bima.

Untuk Kabupaten Lombok Timur, kata Hasyim, sudah dibangun dua gudang pada 2013 dengan kapasitas masing-masing 1.000 ton dan 1.500 ton. Begitu juga dengan Kabupaten Bima dengan daya tampung sebanyak 3.500 ton sudah rampung tahun lalu.

"Tiga gudang yang dibangun pada 2013 itu sekarang sudah terisi semua," ujar Hasyim.

Dengan adanya gudang baru tersebut, kata dia, pihaknya sudah menyanggupi instruksi pusat untuk menyuplai beras ke provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2014.

"Tahun lalu kami juga menyuplai beras ke NTT sekitar 40 hingga 50 ribu ton," ujarnya.

Dia mengatakan tambahan gudang baru tersebut juga menjadi pemicu untuk mencapai target serapan pada 2014 sebanyak 190 ribu ton. Angka itu lebih tinggi dari target pada tahun sebelumnya sebanyak 170 ribu ton dengan realisasi serapan mencapai 170.300 ton. Tambahan target tersebut disertai dengan penambahan anggaran yang mencapai Rp 1,2 triliun lebih untuk membeli beras petani.

"Anggaran yang diberikan tentu lebih besar lagi dari tahun sebelumnya," kata Hasyim.

Menurut dia, semakin bertambahnya target serapan disebabkan produksi padi di NTB terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: