Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN: Penjualan Listrik Tumbuh 6,71 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT PLN (Persero) mencatat pertumbuhan penjualan listrik semester pertama 2014 dibanding periode yang sama 2013 mencapai 6,71 persen.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan tingkat pertumbuhan tersebut lebih rendah dibandingkan periode Juni 2013 terhadap Juni 2012 yang tercatat 7,17 persen.

"Penjualan listrik semester pertama tahun ini tumbuh 6,71 persen dibandingkan periode sama tahun lalu," ujarnya di Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Menurut dia, total penjualan listrik selama semester pertama 2014 adalah 96,6 tera watt hour (TWH). Volume penjualan tersebut terdiri atas Jawa-Bali 73,6 TWH, Sumatera 13,5 TWH, dan di luar Jawa-Bali serta Sumatera 9,5 TWH. Sementara itu, khusus Juni 2014 penjualan listrik nasional tercatat 16,8 TWH dengan rincian Jawa-Bali 12,8 TWH, Sumatera 2,3 TWH, dan luar Jawa-Bali serta Sumatera 1,7 TWH.

Benny melanjutkan jika memperhatikan penjualan listrik bulan per bulan sepanjang semester pertama 2014 maka tantangan semester kedua 2014 adalah menjual listrik sebanyak-banyaknya, terutama di Jawa-Bali yang kemampuan sistem kelistrikannya cukup.

"Potensi peningkatan penjualan di Jawa-Bali masih cukup besar," katanya.

Apalagi, tambahnya, banyak permintaan sambungan baru termasuk industri dan bisnis yang pada semester pertama 2014 belum sempat terlayani. Oleh karena itu, Benny mengatakan semua unit distribusi di Jawa dan daerah lainnya yang kemampuan sistemnya cukup akan memacu penjualan listrik dengan cara memperbaiki tegangan pelayanan, mengurangi gangguan pasokan, dan mempercepat penyambungan baru. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: