Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dahlan Tunjuk Ira Puspita Jadi Dirut Sarinah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengangkat Ira Puspita Dewi menjadi Dirut PT Sarinah (Persero) menggantikan dirut sebelumnya, yaitu Mira Amahorsea.

"Pergantian pucuk pimpinan Sarinah bukan karena ada masalah, tapi masa jabatannya yang sudah habis sejak tiga bulan lalu," kata Dahlan usai menggelar Rapat Pimpinan di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Dahlan menambahkan alasan dipilihnya Ira Puspita Dewi karena yang bersangkutan berpengalaman dalam mengurus perusahaan di Amerika Serikat yang bidang usahanya mirip dengan Sarinah.

"Selama ini Ira menjabat direktur Asia Pasifik untuk GAP sekitar 10 tahun. Salah satu perusahaan garmen terkemuka di dunia. Saya ingin dia menunjukkan kemampuannya mengelola dan membawa Sarinah lebih bagus lagi," tegas Dahlan.

Ira adalah lulusan Unibraw, Malang. Saat ini ia sedang menyelesaikan kuliah S-3 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

"Yang bersangkutan juga menjadi salah satu staf di Yayasan Temasek Singapura," ujarnya.

Sesungguhnya, kata Dahlan, tidak ada keharusan bahwa orang yang menjadi Dirut Sarinah adalah perempuan. Namun, dirinya berkeinginan bahwa perusahaan pelat merah pusat perbelanjaan ini pantas dipimpin sosok perempuan.

"Tapi, saya ingin direksinya didominasi perempuan. Akhirnya, mencari dari luar ketemu. Meskipun beberapa orang, tapi minta syaratnya macam-macam dan kita coba negosiasi akhirnya dari yang berminat terpilih Ira Puspita Dewi," ujar Dahlan.

Ia membeberkan beberapa syarat yang dinilai menjadi keberatan Dirut baru Sarinah seperti penghasilan yang lebih rendah ketimbang gaji di perusahaan AS.

"Gajinya disesuaikan sekitar Rp 60 juta. Tapi, yang bersangkutan dalam menakhodai Sarintah tidak dicampuri urusan politik. Jangan digoda-goda sebagai objek dan jangan dipaksa untuk memberikan upeti kepada pihak lain," tegasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: