Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko Perekonomian: Pemerintah Siap Hadapi Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mengatakan pemerintah siap menghadapi Idul Fitri 1435 Hijriah atau Lebaran 2014. Dalam konferensi pers di Kantor Presiden, ia menyatakan kesiapan itu telah disampaikan dalam rapat kabinet paripurna yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Presiden menyatakan kepuasannya (atas laporan kesiapan tersebut), tetapi beliau berpesan agar pelaksanaannya bisa betul-betul dilakukan dengan baik," katanya di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Menurut dia, sejumlah isu dalam lebaran tersebut dibahas di antaranya terkait moda transportasi, harga pangan, kesiapan keamanan dan kenyamanan pemudik, serta kecukupan bahan bakar minyak (BBM). Untuk mengantisipasi pemudik, Menteri Perhubungan telah menyiapkan berbagai langkah di antaranya tambahan moda transportasi, moda transportasi gratis, dan manajemen transportasi untuk mengatasi kemacetan.

"Diharapkan mudik tahun ini lebih baik dari tahun lalu," katanya.

Sementara di sektor perbaikan infrastruktur jalan raya, menurut dia, presiden juga telah mendengarkan mengenai percepatan pembangunan jalan. Menteri Pekerjaan Umum telah menargetkan perbaikan jalan raya tuntas 30 hari sebelum hari H (H-30) atau lebih cepat dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada H-10.

"Untuk itu, kelancaran pemudik akan lebih baik pada tahun ini sebab kesiapan jalan itu juga telah disiapkan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Untuk stabilitas harga pangan, Menko Perekonomian menilai bahwa pada tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Bisa dibandingkan pada minggu ke-3 Ramadan tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu," katanya.

Untuk stok BBM, menurut dia, Menteri ESDM juga telah menyampaikan kesiapannya sekaligus juga kecukupan stok. Untuk itu, ia optimis pelaksanaan Lebaran 2014 akan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: