Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenhub: Waspadai Cuaca di Sejumlah Perairan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginginkan berbagai pihak terkait untuk mewaspadai kondisi cuaca yang dapat mempengaruhi gerak pelayaran yang bakal membawa para pemudik selama masa periode angkutan Lebaran tahun 2014/1435 Hijriyah.

"Mengantisipasi kondisi cuaca yang tidak menentu, Kementerian Perhubungan mengimbau perusahaan pelayaran agar mewaspadai kondisi cuaca di sejumlah perairan Indonesia selama angkutan Lebaran 2014," kata Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby Mamahit dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Menurut Dirjen Perhubungan Laut, pihaknya juga bakal mengeluarkan maklumat pelayaran terkait dengan hal tersebut pada waktu tujuh hari sebelum lebaran. Ia mencontohkan sejumlah beberapa titik perairan yang perlu diwaspadai antara lain seperti Laut Maluku Utara, perairan selatan NTT, dan perairan utara Sumut.

Selain itu, ujar dia, untuk menjaga keselamatan selama angkutan lebaran, Kemenhub menyiapkan lima kapal patroli di beberapa perairan yaitu perairan Riau, Selat Sunda, Laut Jawa, perairan Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

"Bila terjadi musibah kapal akan bisa bereaksi cepat," katanya.

Kemenhub memperkirakan jumlah penumpang yang menggunakan jasa armada laut tahun 2014 sebanyak 1.573.986 orang atau meningkat tiga persen dari tahun 2013 sebanyak 1.528.141 orang. Sementara untuk melayani masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran, pemerintah menyiapkan 1.259 unit kapal dari beberapa perusahaan pelayaran. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: