Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berhenti Ekspor Biodiesel ke Eropa, Produsen Bidik Pasar Baru

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Akibat ekspor ke Eropa yang menurun sangat signifikan, Asosiasi Produsen Biodiesel Indonesia (APROBI) memperkirakan ekspor biodiesel tahun ini kemungkinan turun hingga setengah dari tahun lalu.

"Angka paling optimis itu sekitar 75%  dari pencapaian tahun lalu, yang mencapai 1,2 juta kiloliter," ujar Sekretaris Jenderal APROBI Togar Sitanggang, Sabtu (19/7/2014), di Jakarta.

Dari pencapaian tahun lalu tersebut, 1 juta kiloliter di-ekspor ke Eropa. Namun, bea masuk anti dumping dan berbagai kampanye negatif terhadap produk turunan sawit membuat produsen biodiesel Tanah Air enggan untuk menggekspor kesana.

Togar mengatakan saat ini produsen biodiesel mencoba untuk masuk ke pasar-pasar baru yang sebelumnya potensinya belum tergali secara maksimal. Diantaranya China, India, dan Amerika.

Menurut Togar, walaupun sudah ada mandatory B10 atau penggunaan 10% biodiesel berbahan dasar sawit, pada solar Pertamina, namun produsen tidak bisa hanya mengandalkan pasar dalam negeri saja dan tetap harus punya jalur keluar. "Selama penerapan B10 belum mencapai nilai keekonomian, ekspor tentu lebih menjadi pilihan,"

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: