Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bulog Jamin Stok Beras Aman Jelang Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - Perum Bulog Divisi Regional Jawa Timur menjamin stok beras di wilayah kerjanya aman menjelang Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah karena ketersediaannya cukup untuk kebutuhan masyarakat selama 13 bulan mendatang.

"Kami optimistis pasokan beras di Jatim tidak akan terjadi kekurangan. Hingga tanggal 17 Juli 2014 stok beras di sini mencapai 553.950 ton," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Jatim, Rusdianto di Surabaya, Senin (21/7/2014).

Oleh sebab itu, ia mengimbau masyarakat Jatim untuk tidak perlu khawatir pasokan beras selama puasa dan lebaran mendatang terjadi kekurangan stok. Ia memastikan stok beras melimpah dengan ditandai stabilnya harga beras medium di pasaran sebelum puasa hingga sekarang.

"Dengan begitu, kami memandang tidak perlu untuk melaksanakan Operasi Pasar (OP) beras medium di seluruh wilayah Jatim," ujarnya.

Sementara itu, terjadinya gejolak harga justru terlihat pada komoditas beras premium. Untuk itu, Bulog Jatim bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim melakukan OP beras premium dan tiga komoditas lain mulai 30 Juni 2014.

"Contoh tepung terigu, gula dan minyak goreng," ucapnya.

Mengenai mekanisme OP beras premium, tambah dia, direalisasi dengan penerapan subsidi ongkos angkut dari Pemprov Jatim. Komoditas beras mendapatkan subsidi Rp 250 per kilogram, gula pasir Rp 750 per kilogram, tepung terigu Rp 500 per kilogram, dan minyak goreng Rp 2.000 per liter.

"Pelaksana OP tersebut adalah unit usaha kami, yaitu Bulogmart," ujarnya.

Realisasi OP beras premium, sebut dia, terlaksana di 78 titik di 38 kabupaten kota di seluruh Jatim. Masing-masing kabupaten kota ada dua titik, kecuali Surabaya dilakukan di empat titik.

"Sampai tanggal 17 Juni 2014 tercatat realisasi penyerapan OP untuk komoditas beras premium dengan harga tebus Rp 7.500 per kilogram mencapai 271 ton," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: