Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BTN Harapkan Pemerintahan Mendatang Mampu Stabilkan Ekonomi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk Maryono berharap pemerintahan mendatang mampu menstabilkan ekonomi Indonesia untuk memberikan kepastian pada bisnis perbankan.

"Siapapun pimpinannya saya berharap nilai tukar rupiah dan BI rate tetap stabil," kata Maryono usai memberangkatkan program mudik gratis BTN di Bekasi, Selasa (22/7/2014).

Maryono mengatakan stabilitas sangat penting bagi BTN karena sangat berpengaruh terhadap sektor riil termasuk pembangunan rumah di mana BTN juga memiliki kontribusi besar. Ia menjelaskan backlog kebutuhan rumah saat ini sebanyak lima juta serta setiap tahun bertambah 300 sampai 400 ribu rumah per tahun sehingga membutuhkan peran perbankan untuk mengurangi backlog tersebut.

"Salah satu indikator tercapainya kesejahteraan apabila terpenuhinya sandang, pangan, dan papan sehingga pimpinan mendatang harus memprioritaskan hal tersebut," kata Maryono.

Maryono juga berharap pemerintahan mendatang dapat menjadikan BTN sebagai bank fokus dalam pembiayaan perumahan sesuai dengan Arsitektur Perbankan Indonesia yang membagi bank ke dalam empat kelompok, yakni bank internasional, bank nasional, bank fokus, dan BPR.

"Kita ingin sebagai jangkar dalam pendirian bank fokus," harapnya.

Maryono juga berharap pemerintah mendatang dapat meneruskan program perumahan berimbang 1:2:3 (perbandingan satu rumah bagi segmen atas, dua menengah, dan tiga bawah), namun dengan penerapan yang lebih fleksibel.

"Kita memahami kesulitan pengembang untuk membangun rumah menengah ke bawah dengan semakin mahalnya harga tanah. Untuk itu, program rumah berimbang segmen pasar atas menyubsidi menengah bawah harus dijalankan," ujar dia. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: