Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Batal Akuisisi Perusahaan Biodiesel, Elnusa Revisi Capex

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Elnusa Tbk (ELSA) pada awal tahun lalu menganggarakan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar US$ 120 juta. Namun, perseroan merevisi alokasi capex menjadi US$ 100 juta.

Investor Relation Elnusa Rifqi Prasetyo mengatakan dana capex akan menggunakan skema project financing. Ia menjelaskan nantinya setiap kebutuhan pendanaan atas proyek Elnusa akan menggunakan kombinasi antara pinjaman perbankan dan kas internal dengan porsi masing-masing sebesar 70% dan 30%.

"Dari total alokasi belanja modal hingga akhir tahun sekitar US$ 70 juta merupakan commited capital expenditure. Debt to equity ratio akan dijaga di level satu kali sampai 1,5 kali. Posisi sekarang masih 0,5 kali. Masih kecil," terangnya.

Hal ini juga membuat perseroan mengurungkan niatnya untuk masuk ke bisnis biodiesel. Rifqi menjelaskan bahwa belum cukupnya pasokan bahan baku dan solar maupun crude palm oil (CPO) menjadi salah satu alasan perseroan mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis baru ini.

Hal tersebut menjadikan rencana perseroan untuk mengakuisisi salah satu pabrik pengolahan biodiesel terpaksa ditunda. Padahal, sebelumnya perseroan sudah menyiapkan alokasi dana sekitar US$ 7 juta untuk mengambil alih pabrik biodiesel tersebut.

"Kami masih mempertimbangkan risikonya jika masuk ke pasar biodiesel. Saat ini kami akan fokus ke bisnis utama dulu. Belum dapat kita pastikan kapan akan kita mulai bisnis ini, tetapi yang jelas tahun ini belum," tukasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: