Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPS Prediksi Terjadi Inflasi Jelang Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Kediri - Badan Pusat Statistik (BPS) Kediri, Jawa Timur, memprediksi terjadinya inflasi menghadapi agenda Lebaran Idul Fitri 2014 yang dipicu tingginya kebutuhan masyarakat.

"Pengalaman lima tahun ke belakang mulai 2009 di setiap momen lebaran pasti ada inflasi dan nilainya cukup tinggi," kata Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Kediri Lulus Haryono di Kediri, Selasa (22/7/2014).

Ia mengatakan bahwa menjelang agenda lebaran pada 2013 lalu inflasi terjadi sampai 1,06 persen. Lalu pada 2012 inflasi terjadi sampai 1,73 persen. Kondisi itu menunjukkan betapa tinggi permintaan ataupun konsumsi masyarakat. Menurut dia, hal itu lumrah terjadi. Tingginya permintaan ataupun kebutuhan masyarakat lebih dipicu karena budaya. Kebutuhan itu mulai dari bahan pokok, sandang, bahan bakar, dan kebutuhan lainnya.

Walaupun tingkat konsumsi masyarakat menjelang lebaran cukup tinggi, namun mereka tetap membeli. Mereka tidak risau jika pedagang pun menaikkan harga jual barang jualan mereka mendekati lebaran ini.

"Rata-rata komoditas banyak yang mengalami kenaikan. Barang yang naik juga penyumbang inflasi," ucapnya.

Walaupun berdasarkan pengalaman mendekati agenda lebaran terjadi inflasi yang cukup tinggi, namun ia berharap pada inflasi 2014 ini tidak terlalu tinggi seperti inflasi di tahun sebelumnya. Pihaknya juga mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kota Kediri yang telah mengirimkan surat kepada para pengusaha ataupun pengelola pusat perbelanjaan untuk memberikan diskon atau potongan khusus selama lebaran. Diharapkan, dengan program itu bisa menekan inflasi.

Pemkot Kediri membuat kebijakan dengan mengeluarkan surat yang dikirimkan ke pengusaha ataupun pengelola pusat perbelanjaan tentang anjuran memberikan potongan harga dalam pembelian, khusus menjelang lebaran. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: