Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bawaslu: Aksi 'Walk Out' Saksi Prabowo-Hatta Tidak Ganggu Legalitas Hasil Rekapitulasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyayangkan sikap walk out yang dilakukan saksi dari Prabowo-Hatta di tengah berlangsungnya proses penghitungan suara nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Bawaslu menyayangkan peristiwa tersebut karena hingga saat ini rekapitulasi suara masih berjalan, tetapi di tengah jalan langsung walk out. Ini di luar dugaan, tetapi itu hak prerogatif yang bisa dipergunakan oleh siapapun," kata Komisioner Bawaslu Nasrullah di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Meski tidak diikuti oleh satu saksi pasangan calon presiden, tetapi ia menegaskan tetap tidak menganggu aspek legalitas dari sebuah proses rekapitulasi suara yang rencananya hari ini akan ditetapkan KPU.

"Mestinya lebih enak jika keduanya tetap hadir di dalam proses rekapitulasi bahkan hingga penetapan hasil," tambahnya.

Terkait beberapa rekomendasi Bawaslu yang sebagian tidak dijalankan KPU, Nasrullah mengatakan bahwa pada prinsipnya beberapa rekomendasi Bawaslu sudah dilaksanakan oleh KPU.

"Apakah rekomendasi panwas di tingkat kecamatan atau kabupaten kota ada yang terselesaikan dengan baik? Namun, ada yang belum terselesaikan seperti di Nias Selatan yang belum sempat dilakukan," tambahnya.

Khusus tuntutan pemungutan suara ulang sekitar 5.000 TPS di Jakarta oleh pihak Prabowo-Hatta, Bawaslu tidak bisa langsung mengabulkan tuntutan tersebut.

"Harus ada pemeriksaan. Dicek dulu apakah benar keinginannya. Ketika dicek KPU baru dapat mengecek 200, namun di antara 200 itu ada yang ditemukan dan ada juga tidak kuat buktinya," katanya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: