Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI: Pengguna Tabungan 59,62 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Bengkulu - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bengkulu mencatat konsumen di Kota Bengkulu yang menggunakan produk perbankan berupa tabungan pada triwulan dua 2014 sebanyak 59,62 persen.

Berdasarkan hasil survei BI Bengkulu bersama Badan Pusat Statistik (BPS), konsumen yang juga menggunakan produk perbankan lainnya seperti kredit kendaraan bermotor sebanyak 14,55 persen dan kredit lainnya sebesar 12,68 persen. Meski demikian, masih ada konsumen yang belum menggunakan produk perbankan sebesar 6,67 persen.

Selain menggunakan produk dari perbankan, konsumen juga ada yang menggunakan fasilitas pinjaman dari lembaga non-bank. Dari sebanyak 150 responden, terdapat 50 responden atau 33,33 persen menggunakan fasilitas dari lembaga non-bank. Sedangkan, sebagian besar sisanya sebanyak 100 responden atau 66,67 persen tidak menggunakan fasilitas tersebut.

Menurut BI, produk non-bank tersebut seharusnya lebih dikembangkan karena lebih banyak menyentuh para pelaku usaha kecil yang biasanya jarang berurusan dengan perbankan.

Mayoritas konsumen yang menggunakan jasa non-bank adalah melalui koperasi sebanyak 30 responden (58,42 persen), jasa perusahaan pembiayaan sebanyak 13 responden (25,49 persen), dan jasa kredit lainnya sebanyak empat responden (7,84 persen), serta sisanya melalui jasa pegadaian dan dana pensiun. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: