Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

ADB Sediakan Pinjaman untuk Berdayakan Potensi Panas Bumi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Pembangunan Asia (ADB) menyediakan pinjaman hingga 50 juta dolar AS yang didukung dana teknologi bersih (clean technology fund) untuk memberdayakan potensi panas bumi terkait Proyek Rantau Dedap di Indonesia.

"Pinjaman inovatif ini menunjukkan kedalaman dukungan ADB untuk menyebarkan teknologi energi bersih," kata Spesialis Investasi Departemen Operasi Sektor Swasta Lazeena Rahman dalam pernyataan tertulis ADB yang diterima di Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Menurut Lazeena Rahman, teknologi energi bersih dinilai dapat secara signifikan mengurangi pembangkit listrik yang menggunakan sumber energi batu bara dan minyak bumi. Selain itu, hal tersebut juga akan membuka potensi panas bumi Indonesia dengan menjembatani jurang pembiayaan yang tersedia di pasar.

Berdasarkan data ADB, Indonesia diperkirakan memiliki 29.000 megawatt (MW) potensi sumber panas bumi, tetapi baru sekitar 5 persen potensi itu yang dikembangkan.

Sementara itu, Proyek Rantau Dedap berlokasi di Sumatera Selatan. Selama tahap awal proyek itu akan melewati tahap eksplorasi sumber panas bumi yang mencakup pengeboran dan pengujian sumur panas bumi. Bila berjalan sesuai dengan kapasitas yang ditargetkan, proyek itu diharapkan bisa menyediakan setidaknya pembangkit panas bumi berkapasitas 240 MW selama 30 tahun.

Pemberdayaan potensi panas bumi terkait Proyek Rantau Dedap itu, lanjutnya, diprediksi akan mengurangi emisi karbondioksida yang setara dengan 1,1 juta ton per tahun. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: