Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PGN Selesaikan Konstruksi Pipa Sepanjang 72 Kilometer

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk terus mengembangkan infrastruktur ke sejumlah wilayah baru di Jawa Timur dan saat ini sedang menyelesaikan konstruksi pipa gas bumi sepanjang 72 kilometer.

General Manager PT Perusahaan Gas Negara (PGN) SBU Distribusi Wilayah II Wahyudi Anas mengatakan pembangunan pipa tersebut terbagi dalam tiga tahap, yakni tahap pertama sepanjang 15 kilometer di wilayah Kejayan-Purwosari (Pasuruan) dengan ukuran pipa 10 inchi. Selanjutnya tahap kedua pipa berdiameter 16 inchi sepanjang 30 kilometer di wilayah Kalisogo-Waru (Sidoarjo) dan tahap ketiga di wilayah Jetis-Ploso (Mojokerto) sepanjang 27 kilometer.

"Pembangunan tahap pertama sudah memasuki fase pre-konstruksi, sedangkan tahap kedua dan ketiga dalam persiapan," kata Wahyudi di Surabaya, Rabu (23/7/2014).

Menurut ia, pengembangan infrastruktur pipa gas di wilayah baru tersebut untuk memeratakan dan meningkatkan konsumsi gas bumi bagi industri dalam mendongkrak daya saing.

"Diharapkan dengan teralirinya gas bumi, ditambah pembukaan kawasan industri baru dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, dan Jombang, akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Selain pengembangan infrastruktur, lanjut Wahyudi, pihaknya juga mendapatkan kontrak perjanjian jual beli gas dengan 31 calon pelanggan baru dari sektor industri di wilayah Jatim pada awal semester II/2014. Ke-31 pelanggan baru tersebut diperkirakan akan membutuhkan konsumsi gas bumi sekitar 2,4 juta kaki kubik per hari atau setara 25.000 kiloliter per tahun konsumsi solar.

"Konversi bahan bakar minyak ke gas bumi untuk pelanggan industri baru tersebut dapat menghemat biaya konsumsi energi sekitar Rp 180 miliar per tahun," pungkas Wahyudi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: