Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BCA Kurang Tertarik Buka Cabang di Luar Negeri

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk menyatakan kurang begitu tertarik untuk membuka cabang di luar negeri seiring dengan akan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan salah satu alasan pihaknya tidak tertarik karena perseroan ingin lebih fokus memperkuat pasar domestik yang juga merupakan bagian dari strategi bisnis.

"Caranya dengan ekspansi cabang di domestik, rekrutmen kesiapan SDM (sumber daya manusia), karena perbankan itu salah satu yang penting adalah SDM. Lalu juga menyiapkan infrastruktur seperti ATM, internet banking, mobile banking. Itu akan memperkokoh kita. Itu strategi kita," ujar Jahja saat paparan kinerja di Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Jahja mengamati pengalaman perbankan luar negeri yang memiliki cabang di beberapa negara, termasuk di Indonesia kurang dapat berkembang dengan baik. Ia mencontohkan salah satu bank asal Malaysia, Maybank, dan bank asal Singapura, DBS Indonesia, yang beroperasi di Indonesia kinerjanya relatif biasa.

"Mereka tidak ada yang membuka cabang murni. Mereka lebih ke arah membeli bank lokal dan melalui itu dia mengambil market di Indonesia. Itu pun juga tidak besar-besar," ujarnya.

Selain itu, lanjut Jahja, faktor lain yang mempengaruhi BCA untuk melakukan ekspansi ke luar negeri adalah mahalnya pembiayaan properti yang dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan di semua negara.

"Kalau itu nanti bisa mempengaruhi profitability juga kan. Jadi, daripada kita jadi macan ompong di negeri orang lebih baik kita perkuat pasar dalam negeri," pungkas Jahja. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: