Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Jateng: Persediaan Uang Hingga Lebaran Dapat Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah V memastikan peredaran uang di Jawa Tengah dengan persediaan Rp 16,2 triliun untuk Ramadan hingga Lebaran 2014 berjalan lancar dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Peredaran uang khusus di Jateng untuk Ramadan dan Lebaran ini sesuai dengan proyeksi kami siapkan Rp 16,2 triliun sehingga diharapkan lancar," kata Deputi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah V Marlison Hakim di Semarang, Kamis (24/7/2014).

Sampai dengan tanggal 25 Juli 2014 dari proyeksi tersebut akan terealisasi Rp 15,7 triliun atau sekitar 96 persen, katanya, seraya menyebutkan jika dibandingkan dengan tahun lalu persediaan atau peredaran uang tersebut naik 15 persen. Khusus untuk kawasan Semarang, BI menyediakan dana untuk Ramadan dan Lebaran sebesar Rp 5,7 triliun, sedangkan sampai dengan tanggal 25 Juli bank-bank sudah pesan akan melakukan penarikan sejumlah Rp 4,8 triliun atau 85 persen dari proyeksi yang sudah disiapkan.

Sebagai perbandingan dengan tahun lalu untuk peredaran uang khusus di Semarang mencapai Rp 4,1 triliun sehingga pada tahun ini ada kenaikan sebesar 17 persen.

"Bank Indonesia menjamin kebutuhan uang masyarakat melalui perbankan harapannya jumlah tersebut bisa mencukupi kebutuhan mereka hingga akhir Ramadan dan selama Lebaran mendatang," jelasnya.

Menurutnya, dana tersebut diharapkan bisa mengantisipasi kebutuhan masyarakat selama liburan satu minggu seiring dengan kenaikan tingkat konsumsi di kalangan masyarakat. Sementara itu, dari sisi penukaran uang selama Ramadan ini sampai tanggal 22 Juli lalu sudah mencapai Rp 99,9 miliar dengan jumlah penukar sekitar 7.903 orang.

Untuk jumlah penukar, setiap harinya rata-rata mencapai 650 orang dengan jumlah tertinggi adalah 800 orang, sedangkan rata-rata per orang menukar sebanyak Rp 8 juta. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: