Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Awali Gerak Cepat Bantuan Kemanusiaan, KNRP Serahkan Rp 4,5 Miliar untuk Gaza

Warta Ekonomi -

WE Online, Istanbul - Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) dan Adara International Relief mengawali pemberian bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Palestina, melalui Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina di Istanbul, Turki, Minggu (20/7/2014) lalu.

Bantuan donasi dari rakyat Indonesia untuk jalur Gaza senilai Rp 4,5 miliar dan bantuan dari masyarakat Indo‎nesia di Qatar yang juga sekalian diserahkan sejumlah 21.000 euro ini diserahkan langsung Ketua Harian KNRP Caca Cahayaningrat dan Wakil Ketua Adara Relief Foundation Nurjanah Hulwani kepada General Manager Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina Usamah Owni di kantornya di Istanbul, Turki. Penyerahan bantuan tersebut disaksikan Sekretaris Umum KNRP Heri Efendi dan relawan KNRP Jawa Timur Muhammad Shaleh Drehem.

Dalam kesempatan tersebut, Caca menjelaskan bantuan ini adalah bentuk gerak cepat KNRP dalam rangka pemberian bantuan kepada rakyat Palestina di jalur Gaza yang mengalami tragedi kemanusiaan dengan setidaknya hingga kini memakan korban 707 gugur, 4.500 luka-luka, dan 8720 rumah serta bangunan hancur.

"Tragedi kemanusiaan di Jalur Gaza sangat kritis dan membutuhkan bantuan kemanusiaan seperti obat-obatan, peralatan medis, makanan, dalam waktu yang sangat cepat," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Untuk tahap awal ini, KNRP memberikan bantuan untuk Gaza melalui Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina di Turki karena saat ini pintu masuk satu-satunya ke Jalur Gaza, yaitu pintu Rafah masih ditutup oleh Pemerintah Mesir.

"Setelah ini, KNRP dan beberapa lembaga kemanusiaan lainnya akan langsung menuju jalur Gaza. Insyaallah awal Agustus atau setelah Idul Fitri dalam pemberian donasi berikutnya urusan administrasi sedang dalam proses melalui koordinasi dengan Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KNRP Heri Efendi menjelaskan bahwa Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina ini adalah konsorsium LSM kemanusiaan yang konsen memberikan bantuan moril dan materil untuk Palestina dan Jalur Gaza.

"Aliansi ini memiliki jaringan yang luas dengan lembaga-lembaga kemanusiaan yang bekerja untuk Palestina, seperti Miles for Smile Eropa yang telah 28 kali mengirimkan bantuan ke Gaza dan kini sudah siap membawa bantuan ke Gaza, Ikatan Dokter Arab, lembaga-lembaga amal lainnya di Turki, Mesir, Sudan, Tunisia, Aljazair, Malaysia, Indonesia, dan beberapa negara lainnya. Selain itu, Aliansi telah menjalin kerja sama dengan beberapa LSM di Gaza untuk penyaluran bantuan bagi rakyat Gaza," imbuhnya.

Saat ini, jalur Gaza masih di serang dan korban pun semakin banyak berjatuhan. Di saat yang sama juga bantuan donasi dari rakyat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri terus mengalir khususnya ke KNRP.

"Terima kasih dan apresiasi kepada para donatur, mitra kerja sama lembaga kemanusiaan, media, dan pemerintah Indonesia dalam membantu tragedi kemanusiaan pada bangsa yang terjajah, Palestina. Kami di KNRP akan berusaha sekuat tenaga untuk menyalurkan bantuan-bantuan yang telah dititipkan oleh masyarakat Indonesia untuk saudara-saudara di Gaza," pungkas Heri.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: