Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KPU NTT Antisipasi Gugatan Prabowo-Hatta

Warta Ekonomi -

WE Online, Kupang - Ketua Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Timur Johanes Depa mengatakan pihaknya sudah melakukan berbagai antisipasi untuk menghadapi gugatan pasangan calon Presiden Prabowo Subianto dan calon Wakil Presiden Hatta Rajasa di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami sudah meminta KPU di tingkat kabupaten/kota se-NTT untuk mencermati kembali seluruh dokumen maupun data-data, selama proses pilpres berlangsung agar saat dibutuhkan, semuanya sudah dalam keadaan siap," katanya di Kupang, Sabtu (26/7/2014).

Dia mengemukakan hal itu ketika ditanya soal kesiapan KPU NTT dalam membantu KPU pusat menghadapi gugatan dari pasangan Prabowo-Hatta di MK setelah menarik diri dari proses penghitungan suara yang dilakukan KPU pusat yang telah menetapkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden terpilih periode 2014-2019 pada 22 Juli 2014.

Depan mengatakan KPU NTT sebagai bagian yang tak terpisahkan dari KPU pusat dalam hubungan hierarkis organisasi, selalu siap dengan seluruh kemampuan yang ada untuk menghadapi gugatan yang baru terdaftar di MK pada 25 Juli 2014.

"Ketika gugatan Pilpres dilayangkan pasangan Prabowo-Hatta ke MK, kami juga terus mencermati berbagai dokumen dan data-data yang terkait dengan proses Pilpres tersebut, sehingga ketika dibutuhkan KPU pusat untuk melengkapi dokumen lainnya, kami sudah siap," ujarnya.

Pada Jumat, (25/7) pasangan Prabowo-Hatta bersama tim Koalisi Merah Putih secara resmi mendaftarkan gugatan hasil rekapitulasi Pemilu Presiden 2014 ke MK.

KPU telah menetapkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai pemenang Pemilu Presiden 2014. Di sisi lain, Prabowo Subianto menolak hasil Pemilu Presiden dan menyatakan menarik diri dari pleno penghitungan suara yang dilakukan KPU.

Pemilu Presiden 2014 diselenggarakan pada 9 Juli dan diikuti dua pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan nomor urut satu dan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan nomor urut dua.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU menunjukkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 62.576.444 suara atau 46,85 persen dari total suara sah, sedang Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapat 70.997.833 suara atau 53,15 persen. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: