Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Selesaikan Perbaikan Jalur Pipa BBM Cilacap-Bandung

Warta Ekonomi -

WE Online, Cilacap - PT Pertamina (Persero) menyelesaikan perbaikan jalur pipa penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dari Cilacap menuju Bandung yang dilaporkan merembes di Dusun Bojong Jander, Desa Sidaurip, Cilacap, Jawa Tengah.

"Rembesan itu sudah ditangani. Ketersediaan BBM untuk Jawa Barat yang disalurkan melalui Tasikmalaya dan Padalarang karena mencukupi kebutuhan lebih dari 10 hari," kata External Relation Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah Roberth MV Dumatubun saat dihubungi dari Cilacap, Sabtu (26/7/2014).

Menurut dia, rembesan tersebut terjadi pada jalur pipa yang berbelok dimana dinding pipa pada lekukan bagian luar lebih tipis dibanding lekukan dalam.

Oleh karena faktor cuaca dan terendam air serta gesekan BBM di dalamnya, kata dia, dinding pipa pada lekukan luar yang tipis itu terkikis hingga akhirnya terjadi rembesan.

Terkait hal itu, dia mengatakan bahwa pihaknya telah menggali tanah di sekitar pipa yang merembes guna mengetahui secara pasti posisi rembesan tersebut.

Ia mengakui bahwa selama penggalian tersebut berlangsung, pengiriman BBM ke Tasikmalaya dan Padalarang sempat terhenti beberapa jam.

"Sekarang penyaluran dari Terminal Transit Lomanis, Cilacap, menuju Terminal BBM Tasikmalaya dan Padalarang sudah normal lagi. Rencananya pada belokan atau lekukan luar itu akan kami tambah pelat dan dilas agar lebih tebal," katanya.

Roberth mengatakan bahwa saat penggalian masih berlangsung, pihaknya belum melakukan pengelasan karena pipa tersebut untuk menyalurkan BBM jenis premium karena terlalu berisiko.

Salah seorang warga Dusun Bojong Jander, Desa Sidaurip, Kecamatan Kawunganten, Sanmiarto (66) mengatakan bahwa rembesan di sekitar jalur pipa BBM Cilacap-Bandung itu pertama kali diketahui pada hari Kamis (24/7).

"Saat itu, salah seorang penderes nira kelapa, Tusiman (38) mencium bau BBM yang menyengat di sekitar lokasi penderesan," katanya.

Oleh karena khawatir terjadi kebocoran pada jalur pipa BBM bawah tanah dari Cilacap menuju Bandung itu, warga segera melaporkannya ke Pertamina Cilacap.

Hingga hari Sabtu, sekitar lokasi rembesan BBM tersebut masih dijaga petugas keamanan gabungan guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: