Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Layanan Data Telkomsel Melonjak 129% di H-1

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Operator seluler PT Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data pada H-1 Lebaran (27/7) atau malam takbiran Hari Idul Fitri 1435 H terutama lebih dari 129 persen dibanding H-1 Lebaran tahun 2013.

"Trafik layanan data meningkat sebesar 129 persen menjadi 657 Terabytes, sedangkan dibandingkan hari normal selama 2014 terdapat kenaikan 16 persen," kata kata Vice President Corporate Communications Adita Irawati, dalam siaran persnya di Jakarta, Senin.

Menurut Adita, kenaikan data sangat signifikan terjadi di Area Sumatera, hingga lebih dari 171 persen menjadi 166 Terabytes, disusul dengan Area Jawa Bali dengan kenaikan hingga 156 persen menjadi 172 Terabytes.

"Secara keseluruhan tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen. Artinya tidak ada masalah berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman," kata Adita.

Layanan SMS naik sebesar empat persen menjadi 1,01 miliar SMS jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama di tahun 2013. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2014, trafik SMS naik sebesar 10 persen.

Ada pun layanan suara (voice) di malam takbiran cenderung turun dua persen menjadi 1,1 miliar menit dibandingkan dengan trafik percakapan periode sama di tahun 2013.

Adita menambahkan, dalam menghadapi lonjakan komunikasi masyarakat pengguna Telkomsel, perusahaan telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar.

Meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register), dan SGSN (Serving GPRS Support Node).

Kapasitas VLR ditingkatkan menjadi 213 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta pelanggan. Kapasitas SMS ditingkatkan sekitar 11 persen dari tahun sebelumnya menjadi 116.211 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,94 miliar SMS.

Telkomsel juga menambah kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari.

Sedangkan kapasitas SGSN ditambah menjadi 54 nodes SGSN dengan SAU (Simultaneously Attached Users) sebanyak 161 juta subscriber data.

Dari sisi kapasitas jaringan 2G dan 3G, saat ini Telkomsel telah memiliki lebih dari 79.000 BTS (Base Transceiver Station), dimana sebanyak lebih dari 34.000 di antaranya merupakan BTS 3G (Node-B) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 114 Gbps (Giga bit per second) termasuk bandwidhth layanan Blackberry sebesar 14 Gbps. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: