Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Enam Alasan Memilih Berinvetasi Reksadana

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Investasi penting karena adanya inflasi dapat membuat nilai mata uang semakin menurun. Jenis-jenis investasi pun beragam, mulai dari lukisan, prpoperti, saham, hingga reksadana.

Dalam booklet Tips & trik Investasi yang dirilis oleh Commonwealth Bank dikatakan bahwa salah satu investasi yang mudah dan terjangkau adalah reksadana. Paling tidak ada enam manfaat yang membuat reksadana menjadi pilihan investasi yang menarik, diantaranya:

1.    Dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional.
Peran Manajer Investasi sangat penting mengingat seorang investor pada umumnya memiliki keterbatasan dalam melakukan riset, menganalisa harga efek, maupun mengakses informasi pasar modal secara langsung.
2.    Diversifikasi investasi
Dana yang ditempatkan pada reksadana akan diinvestasikan pada berbagai jenis efek sehingga resikonya juga tersebar. Dengan kata lain, resikonya tidak sebesar jika seorang investor membeli satu atau dua jenis efek secara langsung.
3.    Manfaat perpajakan
Hasil investasi yang diterima dari hasil penjualan kembali reksadana bukan merupakan objek pajak. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 36 Pasal 4 (3) huruf i tentang Pajak Penghasilan (PPh) yang dikeluarkan pada tahun 2008.
4.    Likuiditas yang tinggi
Setiap saat investor dapat melakukan penjualan kembali unit penyertaannya sesuai dengan ketentuan prospektus. Manajer Investasi wajib membelinya kembali dan membayarkannya maksimal T+7 hari bursa pada kondisi normal sesuai ketentuan prospektus.
5.    Transparansi informasi
Manajer Investasi wajib memberikan informasi atas perkembangan investasinya secara rutin sehingga pemegang Unit Penyertaan dapat memantau penempatan dana, kinerja, dan resikonya. Manajer Investasi wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) setiap hari di surat kabar serta menerbitkan laporan keuangan, prospektus, dan laporan bulanan (Fund Fact Sheet).
6.    Jumlah investasi yang terjangkau
Investasi di reksadana tidak memerlukan jumlah dana yang besar. Dengan jumlah yang terjangkau, investor sudah dapat berinvestasi sejak dini dan mendapatkan semua manfaat diatas.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: