Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gema Takbir di 'Negeri Drakula'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kalimat takbir bergema sejak pukul 07.30 waktu setempat, menyambut kedatangan para undangan ke KBRI Bucharest, yang dikenal pula sebagai negeri 'drakula', untuk melaksanakan Sholat Ied dalam suasana hangat merayakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh.

PF Pensosbud KBRI Buchares Dicky Ahmad Rizaldy kepada Antara, Selasa menyebutkan Sholat Idul Fitri 1435 H/2014 M itu dihadiri segenap warga Indonesia di Romania dan juga para udangan dari negara sahabat yang berjumlah 80 orang.

Menurut Dicky Ahmad Rizaldy, tantangan puasa kaum muslimin di Buchares yang sering disebut negeri Drakula semakin besar. Pasalnya, karena periode siang hari cukup panjang, yaitu rata-rata 19 jam dan terik matahari musim panas yang berkisar pada suhu 35 sampai 40 derajat Celcius. Ramadhan di Romania sejak 3 tahun terakhir dilaksanakan pada masa musim panas.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bucharest, Rumania usai melaksanakan Sholat Idul Fitri menggelar "Open House", dimulai pukul 08.30 waktu setempat.

Wajah cerah warga Indonesia yang merayakan Idul Fitri tahun ini menandakan kemenangan dalam menalukkan tantangan cuaca dan suasana yang ada di negara setempat, khususnya karena 80 persen warga Romania menganut Kristen Ortodok, sehingga tidak terdengar hingar bingar tabuhan bedug dan takbir seperti biasanya di tanah air.

Sholat Ied dilaksanakan dengan imam dan khotib, Ir. H. Endjang Manshur, dilanjutkan dengan Khotbah Idul Fitri dengan tema Semangat Kepedulian Bersama dalam Ukhuwah Islamiyah.

Khotib menyampaikan dalam berbagai tantangan berkehidupan, kepedulian dan tolong menolong terhadap sesama, khususnya dalam ukhuwah Islamiyah menjadi suatu hal yang sangat penting dan mendasar. Diharapkan kualitas keimanan seorang muslim semakin meningkatnya kualitas akhlak dan lingkungannya.

Duta Besar RI untuk Romania, Diar Nurbintoro, menyampaikan sesuai dengan tema Khotbah Idul Fitri tahun ini mengenai kepedulian terhadap sesama, ditekankan pentingnya bagi masyarakat Indonesia di Romania dan warga Indonesia untuk selalu menjunjung tinggi toleransi dan kepedulian sesama sehingga keutuhan dan kemakmuran Indonesia dapat terwujud.

Dubes mengimbau segenap masyarakat Indonesia di Romania maupun di Indonesia untuk turut mendoakan keselamatan kaum muslim yang hingga saat ini masih berjuang di Palestina. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: