Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Arus Balik di Merak Diperkirakan H+5

Warta Ekonomi -

WE Online, Merak- Puncak arus balik Pelabuhan Merak, Banten, diperkirakan pada H+5 atau Sabtu (2/8) menuju penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami optimistis puncak arus balik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera pada H+5," kata Manager Operasional PT ASDP Merak Nana Sutisna di Merak, Selasa.

Ia mengatakan, perkiraan puncak arus balik tersebut karena pada H+7 atau Senin (4/8) semua instansi pemerintah, BUMN, dan swasta sudah kembali masuk kerja.

Selain itu juga sekolah dan perguruan tinggi sudah mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Karena itu, diperkirakan puncak arus balik pada H+5 dan akan terjadi peningkatan penumpang dibandingkan sebelum lebaran.

Sebab mereka pemudik yang pulang ke kampung halaman akan membawa saudara maupun pembantu rumah tangga.

"Kami siaga menghadapi puncak arus balik dengan penambahan kapal operasional maupun petugas pengatur lalu lintas di dermaga pelabuhan," ujarnya.

Menurut dia, lonjakan puncak arus balik itu melalui Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, juga sebaliknya dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

PT ASDP Merak mengoperasikan kapal "roll on roll of" atau Ro-Ro dengan terget perjalanan dan penyeberangan sebanyak 94 trip.

Di samping itu, kegiatan bongkar muat dipercepat dari 60 menit menjadi 45 menit untuk mengatasi antrean kendaraan juga penumpukan penumpang pejalan kaki.

"Semua penumpang arus balik itu bisa diseberangkan dengan baik dan lancar," jelasnya.

Nana menjelaskan, pemudik yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak tahun ini terjadi peningkatan sekitar 0,4 persen dibandingkan dengan tahun 2013 lalu.

Berdasarkan data di Posko Pelabuhan Merak H-1 hingga H-7 lebaran 2014 tercatat 527.552 orang dan kendaraan 54.757 unit motor.

Puncak arus mudik pada H-3 sebanyak 137.582 orang, sepeda motor 18.940 unit, kendaraan pribadi 12.495 unit. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Arif Hatta

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: