Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertumbuhan Ekonomi Menguat, The Fed Tetap Pertahankan Kebijakan

Warta Ekonomi -

We Online, Washington-Bank sentral AS, Federal Reserve, pada Rabu (30/7/2014) mempertahankan suku bunga acuannya tak berubah mendekati nol, sementara terus memangkasan program stimulusnya meskipun laporan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua cukup kuat.

The Fed seperti yang diperkirakan mengurangi pembelian obligasi bulanan sebesar US$ 10 miliar, membawa program stimulusnya menjadi US$ 25 miliar per bulan, tetapi mengatakan suku bunga federal fund yang rendah tetap dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan di pasar tenaga kerja.

Dalam sebuah pernyataan pada akhir pertemuan kebijakan dua hari, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengakui bahwa ekonomi menunjukkan "kekuatan cukup mendasar" untuk mendukung kenaikan baru-baru ini dalam penciptaan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.

Namun, the Fed juga menyatakan berlanjutnya kekecewaan dengan keadaan pasar pekerjaan, mengatakan bahwa berbagai data "menunjukkan bahwa tetap ada kurangnya pemanfaatan (underutilization) yang signifikan pada sumber daya tenaga kerja." Tetapi dalam sebuah perubahan signifikan yang mengakui kenaikan dalam ekonomi, FOMC menurunkan ekspresi keprihatinan sebelumnya atas inflasi yang rendah.

"Komite melihat risiko terhadap prospek kegiatan ekonomi dan pasar tenaga kerja hampir seimbang dan menilai kemungkinan inflasi terus-menerus berjalan di bawah dua persen telah berkurang sedikit." Pernyataan itu muncul setelah Departemen Perdagangan melaporkan bahwa ekonomi tumbuh pada tingkat tahunan 4,0% pada kuartal kedua, berbalik naik (rebound) dengan kuat dari kontraksi tajam pada kuartal pertama. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: