Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kuartal-II, PDB AS Tumbuh 4%

Warta Ekonomi -

WE Online, Washington-Ekonomi AS "rebound" atau berbalik naik pada kuartal kedua, tumbuh dengan kecepatan penuh semangat 4,0%, setelah mengalami kontraksi tajam di kuartal pertama, Departemen Perdagangan mengatakan Rabu (30/7/2014).

Dalam sebuah tanda bahwa ekonomi lebih kuat dari perkiraan sebelumnya, departemen juga merevisi estimasi kontraksi Januari-Maret menjadi 2,1%, dibandingkan dengan penurunan lebih parah 2,9% yang dilaporkan sebelumnya.

Dan pihaknya juga menaikkan estimasi pertumbuhan 2013 menjadi 2,2% dari sebelumnya 1,9%, karena paruh kedua jauh lebih kuat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Perkiraan awal pertumbuhan kuartal kedua 2014 jauh lebih baik daripada kebanyakan perkiraan para analis dan menunjukkan "rebound" yang kuat dalam investasi swasta serta belanja konsumen, terutama pada barang tahan lama.

Itu menunjukkan bahwa cuaca musim dingin yang parah dan penurunan moderat dalam kepercayaan antara Desember dan Maret memang di belakang perlambatan, seperti yang para ekonom katakan.

"Ini bukan hanya kasus cuaca lebih baik. Ada bukti yang menunjukkan bahwa ada juga peningkatan yang mendasari dalam perekonomian, dan bahwa pertumbuhan yang kuat akan bertahan dalam kuartal ketiga," kata Chris Williamson, kepala ekonom di Markit, seperti yang dilansir dari AFP.

Itu mendasari pandangan lonjakan perekrutan pekerja selama paruh pertama tahun ini. Penciptaan lapangan kerja selama semester pertama adalah yang terkuat sejak 2007, rata-rata 231.000 posisi baru setiap bulan dan mendorong tingkat pengangguran turun menjadi 6,1%.

Para analis berpikir kenaikan tersebut bisa mulai muncul dalam pasar pekerjaan yang ketat dan gaji yang lebih besar bagi pekerja, sehingga meningkatkan belanja konsumen.

Namun sebagian besar analis tidak memperkirakan laju pertumbuhan 4,0% untuk membawa sisa tahun ini. Williamson mengatakan dia memperkirakan pertumbuhan penciptaan lapangan pekerjaan dan investasi bisnis antara sekarang dan Desember yang sedikit lebih lambat, yang akan mempertahankan pertumbuhan ekonomi untuk semua 2014 menjadi sekitar 2,0%.

Investasi swasta pada kuartal kedua melonjak 17,0%, setelah menyusut 6,9% pada periode sebelumnya. Investasi kuat di peralatan dan rumah.

Pengeluaran konsumsi pribadi naik 2,5% pada kuartal kedua dibandingkan dengan 1,2% pada periode sebelumnya, dan belanja pada barang tahan lama konsumen melompat 14,0%.

Defisit perdagangan kronis negara juga lebih sedikit menghambat pertumbuhan setelah ekspor "rebound" tajam dari penurunan kuartal pertama. Diambil sebaga 'impor mengurangi produk domestik bruto' defisit perdagangan menguarangi pertumbuhan 0,61 persentase poin, dibandingkan dengan 1,66 poin di kuartal pertama.

Belanja pemerintah juga menambah kekuatan ekonomi, setelah datar atau negatif selama enam kuartal.

Data yang kuat memberikan dorongan naik terhadap dolar ke tingkat tertinggi terhadap euro sejak November, satu euro untuk 1,3377 dolar. Dolar juga naik menjadi 102,72 yen, tertinggi sejak April. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: