Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Seluruh Supir Bus Akap di Pulogadung Bebas Narkoba

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta-Sebanyak 168 sopir bus antarkota antarprovinsi (AKAP) menjalani tes urine sejak Senin (21/7/2014) hingga Rabu (30/7/2014), di Pos Pemeriksaan Urine Terminal Bus Pulogadung, Jakarta Timur, tes tersebut dilakukan selama arus mudik dan balik Lebaran 2014.

"Selama kurun waktu tersebut, setelah dilakukan tes urine hasilnya hingga saat ini tidak ada sopir yang dinyatakan positif narkotika," kata koordinator petugas Pos Pemeriksaan Urine Terminal Pulogadung, Suparno kepada Antara, Kamis (31/7/2014).

Menurut dia, tes itu dilakukan bagi sopir yang hendak mengemudikan bus dari terminal Pulogadung ke daerah lain seperti ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Walaupun tidak ada sopir yang dinyatakan positif menggunakan narkoba, kata dia, namun ada beberapa sopir yang terdeteksi mengidap penyakit tekanan darah tinggi dan gula darah. "Bagi sopir yang terdeteksi penyakit tekanan darah tinggi atau gula darah, maka kami sarankan untuk tidak mengemudikan armada busnya dan diganti oleh sopir cadangan," ungkapnya.

Ia menuturkan, berdasarkan hasil tes urine dari tanggal 21-30 Juli sebanyak 45 orang dinyatakan terdeteksi mengindap penyakit tekanan darah tinggi dan 11 orang mengidap penyakit gula darah.

Menurut dia, tes urine yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta salah satunya bertujuan untuk menjamin keselamatan para pemudik yang melakukan mudik Lebaran tahun ini.

"Tes urine ini bisa mencegah kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh faktor sopirnya. Karena tanpa dilakukan pemeriksaan urine, kita jadi tahu kondisi kesehatan sopir yang melayani arus mudik dan balik," katanya.

Sementara itu, salah seorang sopir yang melakukan tes urine, Imam menuturkan alasan dirinya menjalani tes tersebut karena demi keselamatannya dan penumpang. "Tes ini demi kebaikan saya dan juga penumpang yang saya angkut di bus ini. Dan tadi hasilnya saya sehat atau normal. Alhamdulilah tidak kena penyakit apapun," kata sopir jurusan Kuningan-Jakarta.

Berikut ialah rincian tes urine terhadap sopir di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Pada 21 Juli 2014 ada 43 sopir yang melakukan tes urine, 22 Juli ada 27 sopir yang melakukan tes urine, 23 Juli ada 28 sopir yang melakukan tes urine, 24 Juli ada 24 sopir yang melakukan tes urine, 25 Juli ada 19 sopir yang melakukan tes urine.

Kemudian pada 26 Juli ada delapan sopir yang melakukan tes urine, 27 Juli ada 10 sopir yang melakukan tes urine, 28 Juli ada dua sopir yang melakukan tes urine, 29 Juli ada lima sopir yang melakukan tes urine dan 30 Juli ada dua sopir yang melakukan tes urine. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: