Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Untuk Bersaing, 119 Bank Kecil Harus Perkuat Modal

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya agar bank-bank kecil memperkuat modalnya. Saat ini Indonesia memiliki 119 bank berskala kecil, yang bila tidak dikelola dengan baik maka akan sulit berkembang.

"Bank-bank kecil ini diharapkan dapat melakukan peningkatkan kapasitas modal supaya mereka bisa bersaing," terang Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad saat ditemui di rumahnya, kawasan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta, belum lama ini.

Muliaman menambahkan, bank-bank kecil bisa meningkatkan modalnya melalui beberapa cara. Salah satunya dengan masuk ke pasar modal.

"Lewat mekanisme pelepasan saham perdana ke publik (Initial Public Offering/IPO), maupun dengan cara strategic partnership," pungkasnya.

Selain itu, lanjut Muliaman, diharapkan bank-bank seperti BPR (Bank Perkreditan Rakyat) maupun BPD (Bank Pembangunan Daerah) juga dapat melakukan konsolidasi.

"Konsolidasi dapat berupa pembagian tugas yang jelas, sehingga bank-bank tersebut tidak saling tumpang tindih dalam bisnis kreditnya," tuturnya.

Bentuk konsolidasi lain yang disebut Muliaman juga bisa diterapkan berupa pengabungan bank-bank yang masih satu pemilik.

Kalau pemiliknya sama atau ada satu pemilik punya dua sampai tiga bank lebih baik dikonsolidasikan," kata dia.

Muliaman menyebut, pihaknya pun sudah menyiapkan aturan untuk mendorong konsolidasi bank-bank kecil di daerah tersebut. Aturan ini terutama mengatur pengawasan terintegrasi antara pusat dan daerah perihal tugas setiap bank.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Arif Hatta

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: