Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aviliani: Kembangkan Ekonomi Syariah Dulu, Baru Perbankan Syariah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta- Pengamat Ekonomi, Aviliani menilai untuk meningkatkan pendanaan industri perbankan syariah, pelaku usaha harus menerapkan konsep ekonomi syariah.

"Jadi menurut saya yang diajarkan ekonomi syariahnya dulu baru perbankan syariah," ujar Aviliani kepada Warta Ekonomi beberapa waktu yang lalu.

Aviliani menambahkan, salah satu contoh konsep ekonomi syariah ialah seperti yang sudah diterapkan pada restoran padang dan hotel Sofyan.

"Mereka sudah menerapkan konsep ekonomi syariah. Jadi setiap dia mendapatkan keuntungan itu, mereka bagi hasil misalnya 60:40 dengan karyawannya jd tidak ada UMR," sambung Aviliani yang juga menjabat komisioner independen Bank Mandiri.

Menurut Aviliani, inilah yang belum diterapkan di bank-bank syariah selama ini. Kalau konsep ekonomi syariah ini sudah diterapkan, dia meyakini bank syariah akan berkembang dari sisi pendanaannya.

"Kalau dia dalam usahanya belum menerapkan ekonomi syariah bagaimana dia bisa menjalankan konsep bank syariah. Jadi menurut saya yag harus dikembangkan bukan konsep bank syariahnya. Ini yang salah kaprah, kalo bicara syariah cuma bank-nya saja tapi harus ekonomi syariahnya dulu. Jadi menurut saya perbankan syariah akan berkembang dari sisi pendanaannya kalau ekonomi syariahnya juga jalan," papar dia.

Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemerintah terkait bisa membuat kebijakan-kebijakan yang mendukung konsep ekonomi syariah.

"Sebenarnya kalau di negara-negara maju sudah dikembangkan konsep ini karena dinilai lebih tepat jadi tidak ada konflik antara pekerja dan pemilik. Nah kalau di indonesia sendiri aturan-aturannya belum mendukung pengembangan ekonomi syariah secara tepat makanya baru di bank saja yang berkembang cepat tapi ekonomi syariahnya tidak. Jadi perlu ada kebijakan-kebijakan bukan hanya pada OJK tapi juga lembaga terkait yang berkaitan dengan usaha. OJK mungkin perlu menjadi pelopor tidak hanya di bank syariah tapi juga ekonomi syariah," tutup Aviliani.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Arif Hatta

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: