Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KAI Perpanjang Jadwal Kereta Tambahan Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang jadwal perjalanan operasional sembilan kereta api tambahan untuk memenuhi kebutuhan penumpang arus balik Lebaran di wilayah Daerah Operasional (Daop) I Jakarta.

"Permintaan penumpang untuk mudik masih tinggi, untuk antisipasi arus balik kita harus perpanjang perjalanan operasional beberapa kereta api," kata Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta, Agus Komaruddin di Jakarta, Senin.

Kereta api tambahan khusus Lebaran tersebut merupakan kereta api kelas komersial yang semula dijadwalkan selesai pada Kamis (5/8). Rangkaian kereta tambahan yang diperpanjang hingga 10 Agustus adalah kereta api Gajayana tujuan Malang, Gumarang tujuan Pasarturi Surabaya, Purwojaya tujuan Cilacap, Jaka Tingkir tujuan Purwosari Solo.

Kemudian rangkaian kereta yang diperpanjang hingga 6 Agustus adalah kereta api PLB Argo Jati lintas Gambir-Cirebon serta Argo Dwipangga lintas Gambir-Solo diperpanjang hingga 11 Agustus 2014. Selain itu, kereta api ekonomi tambahan (Menoreh Lebaran) lintas Pasar Senen-Semarang Tawang diperpanjang hingga 9 Agustus 2014 dan Sawunggalih diperpanjang hingga 8 Agustus.

Humas Daop I juga mencatat bahwa arus mudik masih terjadi setelah Lebaran di mana penumpang yang berangkat dari Stasiun Senen selama H+1 hingga H+5 mencapai 94.901 penumpang. Sementara penumpang arus balik yang tiba di stasiun tersebut mencapai 95.187 pada periode H+1 hingga H+5.

Dari pantauan, Senin sore, di Stasiun Pasar Senen masih dipadati pemudik yang menunggu di ruang tunggu utara dan selatan. Penumpang juga terlihat mengantre panjang untuk membeli tiket mudik dan memadati pintu masuk utara peron satu hingga pintu masuk utara peron tiga.

Ika Purwati (23) yang ditemui di Stasiun Pasar Senen memilih mudik sesudah Lebaran karena ingin menghindari kemacetan pada saat arus mudik sebelum Lebaran.

"Sengaja ambil tiket habis Lebaran takut macet kalau pulang H-2 atau H-3 Lebaran, kasihan anak saya," katanya yang menunggu keberangkatan kereta menuju Malang di Stasiun Pasar Senen.

Pemudik lainnya, Dede Abdurohman (22) terpaksa mudik ke Surabaya pada Senin karena kehabisan tiket. "Niat pulang kampung dua hari sebelum Lebaran, tapi tiket sudah habis, ya dapatnya tanggal 4 Agustus," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: