Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR akan Panggil Menkominfo Soal Video ISIS

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Komisi I DPR RI akan memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring terkait dengan video kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang belum juga diblokir dari situs Youtube.

"Komisi I DPR RI akan memanggil Menkominfo secepatnya untuk meminta penjelasan soal video ISIS yang belum diblokir," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ramadhan Pohan di Jakarta, Selasa (5/8/2014).

Menurut Ramadhan, video itu menjadi kontroversi karena berisi ajakan kepada masyarakat muslim Indonesia untuk bergabung dengan kelompok militan itu dan hingga saat ini masih bisa diakses melalui Youtube. Pemblokiran video ISIS bertajuk join the ranks itu, kata dia, sebetulnya sederhana saja.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Menkopolhukam juga sudah meminta agar video itu diblokir," kata Ramadhan.

Video join the ranks soal ajakan bergabung di ISIS yang diunggah ke Youtube dan ditujukan kepada muslim seluruh dunia, termasuk Indonesia, dikhawatirkan berdampak buruk bagi sebagian masyarakat yang mengaksesnya. Oleh karena itu, Ramadhan mempertanyakan kenapa Kemkominfo bisa begitu cepat memblokir situs porno, tapi lama dalam memblokir video ISIS yang berbau radikalisme dan ekstremisme berkedok agama.

"Kelambanan Menkominfo ini jangan sampai membuat masalah baru dan spekulasi yang tak penting," katanya.

Sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan bahwa pihaknya belum memblokir video tersebut karena belum adanya pengaduan soal itu dan masih menunggu arahan dari Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.

Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 19 Tahun 2014 mengenai tata cara pemblokiran di internet yang dianggap mengandung unsur konten negatif. Ketika sudah ada pihak yang mengadu disertai bukti-bukti maka Kominfo akan menindaklanjuti laporan tersebut. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: