Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

CT: Konsumsi Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung memperkirakan komponen konsumsi pemerintah akan mulai memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014 mulai triwulan III.

"Belanja pemerintah mengalami penurunan pada triwulan dua karena adanya pengurangan belanja hingga Rp 100 triliun, meskipun akhirnya hanya Rp 43 triliun. Tapi, dengan disahkan APBN-Perubahan maka pada triwulan tiga akan tumbuh positif lagi," katanya di Jakarta, Selasa (5/8/2014).

Chairul menambahkan konsumsi pemerintah tersebut akan didukung oleh sektor ekspor yang diperkirakan meningkat pada triwulan III dan IV karena sejumlah perusahaan tambang telah mendapatkan izin ekspor bahan mineral konsentrat tertentu.

"Ekspor sedang negatif karena persoalan dari ekspor minerba. Tapi, permasalahan sudah selesai dan setelah renegosiasi ditandatangani maka diharapkan pada triwulan tiga dan empat ekspor kembali masuk dalam kontribusi peningkatan pertumbuhan," ujarnya.

CT mengatakan bahwa dengan perbaikan kinerja tersebut maka pertumbuhan ekonomi Indonesia 2014 dapat berada pada kisaran 5,2-5,5 persen. Apalagi, sektor konsumsi rumah tangga dan investasi telah menyumbang kontribusi yang signifikan.

"Investasi pada triwulan dua meningkat dibandingkan periode yang sama. Ini tanda yang positif. Padahal, ada kampanye pemilu legislatif dan pemilu presiden. Jadi, kekhawatiran investasi melambat tidak terbukti malah meningkat lebih baik," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: