Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel Layani 11,5 Juta Pelanggan selama Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Telkomsel Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta melayani 11,5 juta pelanggan selama masa angkutan Lebaran 2014 dan sebanyak 2.000.000 di antaranya adalah pemudik yang berlebaran di Jateng dan DIY.

"Selama Lebaran ini hasil trafik menunjukkan ada 11,5 juta pelanggan yang terdapat di Jateng dan DIY. Sebanyak 2.000.000 di antaranya adalah pemudik dari berbagai kota," kata General Manager ICT Operation Telkomsel Jateng & DIY Hafiddudin Triatmojo di Semarang, Rabu (6/8/2014).

Hafiddudin mengatakan bahwa selama jelang Lebaran hingga saat ini Telkomsel berupaya terus memantau jaringan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

"Pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat dilakukan secara ketat selama masa puncak Ramadhn dan Lebaran. Pantauan juga kami lakukan selama 24 jam secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) di Jakarta," katanya.

Menurutnya, dengan melakukan pengawasan setiap saat maka dipastikan segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi dengan tujuan menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Ia mengatakan Telkomsel terus melakukan pemantauan karena khusus untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY tingkat kenaikan penggunaan data mencapai lebih dari 157 persen atau menjadi 68,5 terabytes dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2013.

Ia menjelaskan peningkatan tidak hanya terjadi di layanan data, tetapi juga untuk fasilitas SMS dan suara. Untuk layanan SMS naik sebesar 57 persen menjadi 72,6 juta SMS dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya, apabila dibandingkan dengan hari normal terjadi kenaikan sebesar 50 persen. Untuk layanan suara di hari lebaran naik dua persen atau menjadi 91 juta menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode sama tahun sebelumnya.

"Khusus layanan suara ini ada kenaikan sebesar 20 persen dibandingkan saat normal. Untuk layanan ini memang peningkatannya tidak terlalu besar mengingat semakin banyaknya pelanggan yang lebih memilih menggunakan smartphone dengan memanfaatkan layanan data," ujarnya.

Sementara itu, dalam memenuhi kebutuhan pelanggan untuk kecepatan akses data tersebut tiga bulan sebelum Lebaran Telkomsel sudah melakukan sejumlah persiapan salah satunya penambahan BTS.

"Dari target penambahan 1.000 BTS di sepanjang tahun 2014 sejauh ini sudah terealisasi 70 persen. Secara total untuk Jateng dan DIY sudah ada 6.000 BTS yang sudah terbangun," katanya.

Dari dua wilayah tersebut, jumlah BTS terbanyak terdapat di Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Sementara itu, untuk melengkapi pelayanan Telkomsel juga memastikan fasilitas hotspot di sejumlah ruang umum di antaranya pusat perbelanjaan, masjid, stasiun, dan bandara. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: