Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenhub Setujui Pembukaan Lintasan Penyeberangan Dufa-Dufa dan Jailolo

Warta Ekonomi -

WE Online, Ternate - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyetujui usul Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengenai pembukaan lintasan penyeberangan feri Dufa-Dufa, Kota Ternate, dengan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat.

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Ternate Sarmin Marsaoli mengatakan persetujuan Kemenhub tersebut segera ditinjaklanjuti dengan pembangunan-pembangunan dermaga feri di Dufa-Dufa dan di Jailolo serta pengadaan kapal feri. Anggaran untuk pembangunan dermaga feri di kedua lokasi tersebut semuanya akan dialokasikan melalui APBN. Begitu pula untuk pengadaan kapal feri yang akan melayani lintasan tersebut, sedangkan infrastruktur penunjang lainnya seperti terminal penumpang akan diupayakan melalui APBD Pemprov Malut dan Pemkot Ternate.

Ia mengatakan Pemkot Ternate sangat mendukung pembukaan lintasan penyeberangan feri Dufa-Dufa-Jailolo tersebut karena selama ini pada lintasan tersebut hanya dilayani dengan angkutan speed boat dan perahu motor. Akibatnya, jika cuaca buruk melanda perairan antara Ternate dengan Halmahera Barat maka angkutan speed boat dan perahu motor yang melayani kedua wilayah terpaksa dihentikan sehingga sangat mengganggu kelancaran mobilitas masyarakat di kedua daerah.

"Dengan kapal feri yang akan melayani transportasi laut Ternate Dufa-Dufa tersebut hambatan cuaca buruk tersebut bisa diatasi karena kapal feri biasanya tetap aman berlayar dalam kondisi gelombang tinggi," katanya di Ternate, Kamis (7/8/2014).

Di Ternate selama ini sudah ada pula pelabuhan feri, yakni pelabuhan feri Bastiong yang melayani lintasan Bastiong-Rum Tidore, Bastiong-Sofifi, Bastiong-Sidangoli, Bastiong-Batang Dua, Bastiong-Moti, Bastiong-Maitara, dan Bastiong-Babang.

Sarmin Marsaoli mengatakan pengoperasian kapal feri pada lintasan Dufa-Dufa-Jailolo nanti dipastikan tidak akan mematikan keradaan angkutan speed boat dan perahu motor yang melayani transportasi kedua wilayah tersebut karena akan diatur jadwalnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: