Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel Alami Pelonjakan 'Payload' Sebesar 139,33 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Kupang - Communications PT Telkomsel Regional Bali Nusa Tenggara Pandu Maulana mengatakan bahwa pada periode Idul Fitri lalu perusahaannya mencatat pelonjakan trafik layanan data atau playload sebesar 139,33 persen dibandingkan periode Lebaran 2013. Peningkatan trafik layanan komunikasi yang signifikan ini terjadi di berbagai lokasi yang menjadi pusat keramaian di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Puncak peningkatan trafik layanan data atau payload terjadi pada hari kedua Lebaran yang mencapai 22,04 persen dibandingkan hari normal menjadi 25,41 terabyte. Angka tersebut melonjak 139,33 persen dibandingkan periode Lebaran 2013," katanya di Kupang, Jumat (8/8/2014).

Secara total, peningkatan trafik layanan terjadi di 31 hotspot di wilayah Bali Nusra, antara lain Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padang Bai, Terminal Ubung, Pantai Kuta, Pantai Padma Seminyak, Tanjung Benoa, Bandara Internasional Lombok, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Lapangan Merdeka Bima (NTB). Selain di Bandara El Tari Kupang, juga Bandara Frans Seda Maumere, Bandara H Hasan Aroeboesman Ende, Bandara Mau Hau Waingapu, Pelabuhan Tenau, Pelabuhan Lembata, Terminal Kefamenanu, Mall Flobamora, Taman Nostalgia, dan Labuan Bajo (NTT).

"Kenaikan payload tertinggi dibandingkan hari normal terjadi di lokasi wisata dengan 330,99 persen disusul pelabuhan (285,49 persen) lalu pasar oleh-oleh (185,91 persen)," jelasnya.

Sementara itu, wilayah dengan peningkatan volume payload tertinggi adalah lokasi wisata pantai dengan 201,92 gigabyte, disusul bandara (73,62 gigabyte), lalu pelabuhan (61,81 gigabyte). Berbanding terbalik dengan payload, trafik layanan suara dan SMS pada periode Lebaran tahun ini cenderung menurun dibandingkan hari normal.

Puncak trafik layanan suara terjadi pada hari H Lebaran dengan 65,31 juta menit, turun tipis 0,08 persen dibandingkan hari normal. Sementara puncak trafik SMS terjadi pada hari H-1 Lebaran dengan 45,38 juta SMS atau lebih rendah 1,22 persen dibandingkan hari normal. Apabila dibandingkan dengan Lebaran tahun 2013, trafik layanan suara meningkat 13,3 persen, sedangkan trafik SMS naik signifikan 91,26 persen.

"Tren penggunaan layanan data di Bali Nusra tidak hanya terjadi untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin melalui aplikasi pesan instan seperti BBM, WhatsApp, dan Line, yang terus berlanjut hingga H+7 Lebaran," katanya.

Hal ini mengingat wilayah itu merupakan destinasi wisata utama di Indonesia di mana turis lokal dan mancanegara akan mengunggah foto liburannya bersama keluarga dan kerabat ke akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan Instagram, katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: