Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menhub: Pembangunan Sarana Kereta Api Mahal

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan pembangunan sarana kereta api itu mahal sekali, namun apabila sarana itu bagi rakyat maka tidak ada yang mahal.

"Bangun kereta api itu mahal sekali, namun bagi rakyat maka itu tidak ada yang mahal," kata Mangindaan pada peresmian pencanangan pembangunan ground breaking jalan kereta api di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel, Selasa (12/8/2014).

Menurut dia, selain pembebasan lahan yang menelan biaya tinggi, penyediaan sarana perkeretaapian juga membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Dia mengatakan bahwa dalam konsepnya setiap membangun kereta api maka lokasi itu akan menjadi kawasan industri yang nantinya juga akan mengakses pelabuhan baik pergerakan barang maupun penumpang.

Pada pembangunan tahap pertama jalur kereta api trans-Sulawesi dilakukan untuk rute Kota Makassar-Kota Parepare sepanjang 146 kilometer dengan anggaran berkisar Rp 10 triliun.

"Pada jalur ini akan ada 23 stasiun yang akan menjadi halte bagi penumpang atau barang yang akan diangkut atau dibongkar," ujarnya.

Sementara itu, Menko Perekonomian Chairul Tanjung pada kesempatan yang sama mengatakan pencanangan ground breaking kereta api di Kabupaten Barru ini merupakan sejarah pertama pembangunan sarana perkeretaapian di luar Pulau Jawa dan Sumatera.

"Saya berpikir menciptakan masterplan percepatan pembangunan di KTI, yakni di koridor Sulawesi, Maluku, dan Papua ini karena menyadari adanya ketidakseimbangan pembangunan di Indonesia," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: