Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bali Raup 9,34 Juta Dolar AS dari Kerajinan Plastik

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Bali meraih devisa 9,34 juta dolar AS dari ekspor industri kerajinan berbahan baku platik selama lima bulan periode Januari-Mei 2014 yang meningkat 39,87 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 6,68 juta dolar AS.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali pada Rabu (13/8/2014) mencatat realisasi ekspor untuk volume mata dagangan yang menonjolkan unsur seni itu bertambah 55,76 persen dari 9,03 juta unit pada lima bulan pertama 2013 menjadi 14,07 juta unit pada lima bulan pertama 2014. Kerajinan plastik merupakan salah satu dari enam jenis hasil sentuhan tangan-tangan terampil perajin Bali yang menembus pasaran luar negeri.

Hasil kerajinan itu kontribusinya masih kecil karena hanya 4,35 persen dari total ekspor Bali yang mencapai 215,04 juta dolar AS.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panasunan Siregar menambahkan aneka jenis cendera mata berbahan baku plastik hasil sentuhan tangan-tangan terampil perajin Bali paling banyak diserap pasaran Italia, yakni 11,80 persen, menyusul Amerika Serikat 3,89 persen, Jepang 1,97 persen, Singapura 2,83 persen, Prancis 2,82 persen, dan Inggris 0,98 persen. Selain itu, Spanyol 2,99 persen, Jerman 1,69 persen, dan sisanya 67,79 persen diserap oleh berbagai negara lainnya.

Perajin dan seniman Bali cukup kreatif membuat berbagai jenis cendera mata dari bahan baku plastik sehingga mampu bersaing dan cukup disenangi konsumen mancanegara. Cendera mata itu antara lain berupa aneka jenis hiasan dalam berbagai rancang bangun (desain) untuk hiasan ruang tamu, kamar tidur dalam rumah tangga, maupun kelengkapan hotel.

Pengiriman mata dagangan tersebut sangat tergantung dari kondisi dan permintaan pasaran ekspor, meskipun Bali selalu memiliki persediaan mata dagangan dalam jumlah yang memadai. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: