Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Optimistis Laju Inflasi 2014 Capai Target

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia optimistis laju inflasi sepanjang 2014 mencapai target 4,5 persen plus-minus satu persen walau harga elpiji 12 kilogram akan dinaikkan pada pertengahan Agustus 2014.

"Kalau seandainya ada kenaikan elpiji, itu sudah masuk dalam pertimbangan kita," kata Gubernur BI Agus Martowardojo saat ditemui usai Sidang Bersama DPR dan Anggota DPD dalam rangka Pidato kenegaraan Presiden dalam HUT RI ke 69 di Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Agus menuturkan, tidak hanya kenaikan elpiji yang sudah masuk dalam hitungan komponen yang berkontribusi terhadap inflasi, pihaknya juga sudah memperhitungkan komponen lainnya.

"Jadi masih ada resiko kenaikan listrik, khususnya konsumen, masih ada juga kenaikan listrik industri, serta masih da risiko elnino," ujar Agus.

Sebelumnya, setelah kenaikan elpiji pada 1 Januari 2014, rencananya Elpiji 12 kg akan naik pada 1 Juli 2014 lalu. Namun, mempertimbangkan pemangku kepentingan lain, dan juga bertepatan dengan momen lebaran serta tahun ajaran baru, maka Pertamina menunda kenaikan harga Elpiji 12 kg.

Kenaikan harga Elpiji 12 kg sendiri sebenarnya tidak perlu meminta persetujuan dari pemerintah, karena bukan termasuk barang yang mendapatkan subsidi. Akan tetapi, Pertamina memiliki kewajiban melaporkan sesuai dengan ketentuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: