Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelni Modifikasi Kapal untuk Angkut Lebih Banyak Barang

Warta Ekonomi -

WE Online, Jayapura - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memodifikasi kapal-kapalnya agar bisa mengangkut barang lebih banyak ke arah Indonesia bagian timur, terutama saat sepi penumpang.

Direktur Komersial Pelni Elfien Goentoro mengatakan bahwa saat ini sudah dua kapal yang dimodifikasi sehingga dapat mengangkut barang lebih banyak dibanding biasanya. Dua kapal yang sudah dimodifikasi sehingga dapat mengangkut barang lebih banyak adalah KM Dabonsolo dan KM Gunung Dempo. Dimodifikasinya kapal-kapal milik Pelni itu, kata Alfien, untuk menutupi biaya operasional mengingat bila bukan hari libur khususnya libur keagamaan dan sekolah maka jumlah penumpang turun.

"Namun, saat jumlah penumpang meningkat kapal-kapal tersebut dapat mengangkut dalam jumlah normal dengan mengurangi barang yang dibawanya," jelas Alfien di Jayapura, Selasa (19/8/2014).

Menurut dia, walaupun dimodifikasi, namun jumlah peralatan keselamatan tetap dan tidak dikurangi sehingga para penumpang tidak perlu merasa takut.

"Sarana keselamatan yang ada di kapal-kapal Pelni tetap sesuai standar walaupun kapal tersebut dimodifikasi sehingga daya angkut barang lebih banyak daripada penumpang," tegasnya.

Ketika ditanya tentang fasilitas di atas kapal, Alfien mengaku, untuk pengadaan air bersih memang masih terkendala akibat kapal-kapal yang singgah di Nabire hingga saat ini tidak dapat mengisi air bersih. Akibatnya, penggunaan air dijatah, kata Alfien, seraya menambahkan untuk kenyamanan di kapal, Pelni juga bekerja sama dengan Telkomsel sehingga komunikasi dapat dilakukan selama perjalanan.

"Mudah-mudahan ke depan semua kapal bisa dilengkapi dengan sarana komunikasi sehingga para penumpang lebih merasa nyaman selama perjalanan," harapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: