Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Gaet Universitas Ciputra Kurangi Ketergantungan Impor

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - Bank Indonesia (BI) menggaet Universitas Ciputra Surabaya berupaya mengurangi ketergantungan pasar nasional terhadap impor dengan mengadakan program "Wirausaha Bank Indonesia" (WUBI) Tahun 2014.

"Program tersebut membidik wirausaha skala UMKM. Khususnya mereka yang berbisnis di sektor agribisnis dan berorientasi ekspor," kata Kepala Tim Akses Keuangan dan UMKM BI Wilayah IV Budi Widihartanto, di Sosialisasi WUBI di Kantor BI Wilayah IV, Surabaya, Selasa (19/8/2014).

Ia mengungkapkan, alasan membidik kalangan UMKM tersebut mengingat masih besarnya ketergantungan masyarakat di Tanah Air terhadap berbagai produk impor. Selain itu, kini minat berwirausaha di bidang agribisnis juga rendah.

"Padahal potensi sumber daya alam di Indonesia besar. Kondisi itulah yang menyebabkan neraca perdagangan cenderung mengalami defisit," ucapnya.

Ia optimistis, melalui program itu sekaligus mengurangi ketergantungan impor komoditas nonmigas terutama komoditas pertanian. Kemudian, meningkatkan akses keuangan melalui introduksi pembiayaan ekspor dan pembiayaan formal serta meningkatkan kualitas produk.

"Misalnya, melalui inovasi dan pengembangan produk. Selain itu, juga meningkatkan penyerapan tenaga kerja," tuturnya.

Terkait syarat keikutsertaan program itu, tambah dia, diutamakan wirausaha skala UMKM yang memproduksi komoditas sektor agribisnis dan atau berorientasi ekspor. Khususnya mereka yang sudah melakukan ekspor baik langsung maupun tidak langsung.

"Lalu, memproduksi komoditas untuk diekspor atau memproduksi barang substitusi impor atau eksportir yang memberikan nilai tambah pada komoditas ekspor," ujarnya.

Kriteria berikutnya, lanjut dia, usaha yang dijalankan UMKM tersebut telah dikelola maksimal lima tahun. Bahkan, diutamakan menyampaikan rencana pengembangan usaha, membutuhkan pendampingan usaha.

"Mereka juga harus berkomitmen mengikuti keseluruhan program dan diutamakan bukan pemenang di program wirausaha oleh instansi lain dan belum menerima pembiayaan dari perbankan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: