Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bangun Smart City Platform Telkomsel Gandeng LAPI ITB

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Telkomsel melakukan kerjasama dengan LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) Insititut Teknologi Bandung (ITB) mengenai ‘ProgramPenerapan Smart City Platform’. Penandatanganan perjanjian kersama ini dilakukan oleh Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief dan  Sigit Darmawan selaku Direktur Pengembangan Usaha LAPI ITB.

Smart City Platform yang akan dibangun menerapkan sistem terintegrasi yang dapat menciptakan interaksi yang cepat dan tepat sasaran antara Pemerintahan sebagai penentu kebijakan, masyarakat sebagai komunitas yang perlu mendapatkan pelayanan dan kualitas hidup yang baik, serta Telkomsel yang membangun konektivitas sebagai medium komunikasi dan informasi dalam sistem tersebut.

Abdus Somad Arief mengatakan, "Smart City telah menjadi visi banyak kota di dunia untuk mewujudkan keteraturan dalam sistem interaksi di masyarakat sehingga dapat menciptakan  efisiensi waktu dan sumber daya. Platform Smart City juga dapat menjadi sumber informasi pemerintah akan apa yang terjadi di lingkungan dan masyarakat yang dilayaninya dengan cepat, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan segera dan tepat berdasarkan informasi real time yang dikirimkan oleh sensor-sensor yang terhubung dalam satu kesatuan sistem tersebut.”

Pengelolaan Smart City dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai permasalahan, seperti pada limbah, transportasi, kependudukan,kesehatan, pendidikan, pengairan, perumahan dan masalah perkotaan lainnya. Dengan pembangunan sistem dan sensor Smart City, masalah sosial bisa ditekan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih cepat dan efisien.

Lebih lanjut Abdus mengatakan, Smart City Platform dapat diimplementasikan melalui pengembangan bisnis digital, penerapan teknologi machine to machine dan supporting system untuk big data solution. “Kami harap Smart City Platform ke depannya akan dapat diterapkan di berbagai kota di Indonesia." tutup Abdus Somad.    

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: